Tampil Beda, Yamaha Scorpio 2006 Dibuat Scrambler

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 20 Dec 2017 - 18:30
Tampil Beda, Yamaha Scorpio 2006 Dibuat Scrambler
Yamaha Scorpio 2006 yang dirubah bergaya Scrambler milik Bro Ricki (KabarOto/Ahmad Djainudin)

KabarOto.com - Seiring berjalannya waktu, gaya retro kembali meramaikan dunia otomotif tanah air. Berbagai motor modifikasi bergaya old school kini ramai digandrungi pencinta roda dua, seperti halnya Yamaha Scorpio tahun 2006 ini, yang diubah tampilannya bergaya scrambler.

Dengan mempercayai dua orang builder, Ihwanuddin Dwayne Motor yang berkolaborasi dengan Bejo modified. Mampu merubah tampilan standar Yamaha Scorpio milik Ardi Muhliki, yang biasa di panggil Ricki asal Kembangan Jakarta Barat menjadi berpenampilan Scrambler hanya dalam waktu dua bulan pengerjaan.

baca juga:

Penampilan motor bergaya klasik saat ini memang sangat digemari oleh para penggila otomotif, apalagi kendaraan tersebut telah melewati proses custom. Memang tidak mudah untuk menjadikan sebuah motor tampil klasik seperti yang diharapkan, terlebih bila bahan untuk customnya sulit didapat.

"Membuat motor custom dengan gaya klasik memang asik, terlebih bila hasil yang didapat memuaskan. Namun, kendala membuat custom itu juga tidak sedikit, mulai dari bahan custom yang diinginkan sukar didapat juga terkendala dengan bugget." Ungkap Ihwanuddin kepada kabarOto, Rabu (20/12/2017).

Yamaha Scorpio tahun 2006 ini hampir keseluruhannya dirombak, mulai dari kaki-kaki, lengan ayun, ban, shockbreker, hingga air cooler. Bagian yang tetap dipertahankan hanya bagian mesin, karburator dan sasis.

kabarOto
Yamaha Scorpio Scrambler dengan Dual Shockbreker belakang

Seperti ubahan pada bagian shockbreaker depan mengadopsi dari Kawasaki Z 250 agar terlihat gagah. Tambahan lain di bagian depan ada parts aftermarket lampu depan, lampu sein, handle grip, stang, speedometer, indikator bahan bakar, voltmeter, juga spatboar depan.

Pada bagian belakang, bila standar Scorpio menggunakan peredam tekanan monoshock diubah menggunakan dualshock custom klasik. Juga dengan kaki-kakinya yang menggunakan velg tapak lebar Kawasaki ZX 250, serta penggunaan swing arm Suzuki GSX 400 yang mampu dijejali ban besar Metzeler type Sahara berukuran 140/90 ring 17, dipadu dengan spatboar custom berbahan pelat.

Ban depan berukuran 110/80 ring 17 juga dipadu dengan spatboar custom dengan tiga gradasi warna.

Untuk tangki bensin merupakan tangki standar yang dibuat custom untuk menghadirkan kesan klasik yang kental dengan perpaduan warna dasar hitam digradasi dengan warna gold dengan list warna merah. Dan untuk menjaga suhu panas pada mesin, Oil cooler Suzuki Satria Fu pun disematkan.

kabarOto

Pemilik: Ardi Muhliki

Builder: Kolaborasi Ihwanuddin Dwayne Motor dan Bejo Modified

Spesifikasi:

Yamaha Scorpio tahun 2006
Swing arm Suzuki GSX 400Sok depan kawasaki Z 250
Velg depan dan belakang Kawasaki ZX 250
Ban belakang Metzeler type Sahara ukuran 140/90 ring 17
Ban depan ukuran 110/80 ring 17
Oil cooler Suzuki Satria Fu

Shock depan Kawasaki Z 250

Shock belakang dual shockbreker custom klasik

Speedometer custom

Volt meter custom

Stang custom

Editor : arie