Ini Tips Dan Trik Modifikasi Mobil Off-Road

Ini Tips dan Trik Modifikasi Mobil Off-Road Mitsubishi Triton dalam proses modifikasi (Foto: Kabaroto/Dimas Satrio)

KabarOto.com- Menempuh perjalanan di medan yang ekstrem seperti di wilayah hutan dan pegunungan membutuhkan kendaraan yang tangguh, seperti mobil off-road atau dobel kabin.

Namun terkadang, mobil off-road pabrikan masih banyak kekurangan dalam hal suspensi yang rendah, belum adanya snorkel yang berguna untuk menerjang banjir, kemudian roof rack atau rak atap berfungsi sebagai bagasi tambahan mobil.

Baca Juga:

Oleh sebab itu dibutuhkan modifikasi tambahan untuk menjadikan mobil off-road terlihat macho dan aman untuk menjelajahi medan yang ekstrem sekalipun.

Bengkel Technic Auto Shop yang terletak di Ruko Daan Mogot Baru, Kali Deres, Jakarta Barat adalah rumah modifikasi mobil-mobil off-road seperti Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux.

Mekanik Technic Auto Shop, Jayadi, mengungkapkan tips dan trik dalam melakukan modifikasi untuk mobil off-road.

1. Suspensi

Penggantian suspensi sangat penting terutama untuk kendaraan off-road yang mengaspal di medan ekstrem. Rata-rata konsumen menginginkan suspensi dan shock ditinggikan sekitar 5 sampai 10 inci.

2. Snorkel

Mobil off-road yang bertugas melahap jalanan yang terjal dan rawan banjir jelas membutuhkan snorkel. Snorkel ini bertujuan agar mesin mobil dapat tetap menghisap udara ketika dalam kondisi terendam air yang cukup dalam. Tidak semua mobil off-road pabrikan dilengkapi dengan snorkel seperti Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux.

3. Roof Rack

Roof rack atau rak atap berfungsi sebagai bagasi tambahan mobil. Biasanya, roof rack digunakan untuk menyimpan barang-barang dengan ukuran yang besar dan tidak cukup bila disimpan pada bagasi dalam mobil.

4. Bemper tanduk

Tak hanya membuat tampilan mobil off-road menjadi lebih macho, bumper tanduk atau yang juga dikenal sebagai bumper guard juga berfungsi sebagai pelindung saat terjadi benturan atau tabrakan.