Scalar SCR1 Ketika Toyota GR86 Jadi Mobil Listrik

Scalar SCR1 Ketika Toyota GR86 jadi Mobil Listrik Dok : Scalar Performance

kabarOto.com - Scalar Performance baru saja meluncurkan SCR1 sebuah mobil balap touring amatir listrik pertama, dibangun menggunakan bodi Toyota GR86. Mobil ini sendiri perdana tampil di ajang SEMA 2022 di Las Vegas.

Karena ini diperuntukkan kegunaan balap, tidak lengkap rasanya jika tida ditambah aerokit seperti lips depan, lalu spoiler GT Wing untuk memberikan efek downforce saat kecepatan tinggi.

Baca juga: Paket Adro Untuk Toyota 86 Dan Subaru BRZ, Beri Efek Aerodinamis Sungguhan

NASA (National Auto Sport Association) juga sudah menerima mobil ini untuk berlaga di ajang balapan touring jalan raya.

Selain aerokit, lainnya ialah pelek menggunakan Enkei ukuran 18 inci, berbalut ban ukuran 225/40 R18. Di balil pelek tampak kaliper Wilwood 4 piston demi menjinakkan laju motor listriknya. Suspensi tidak dijelaskan ada penggantian atau tidak, namun pilihan utama tentu penggunaan coilover.

Mesin ICE sudah digantikan dengan motor Hypercraft Stealth EV di gandar belakang, motor listriknya mampu digeber hingga 12.000 rpm, menghasilkan hingga 328 dk dan torsi maksimal 468 Nm.

Baca juga: Toyota GR Corolla Segera Masuk Pasar Asean

Tenaga tersebut ditunjukan dengan akselerasi 0-100 kpj dalam 3,9 detik, sementara kecepatan tertinggi menyentuh angka 267 kpj. Jika dilihat penyimpanan baterai ada bagian kabin yang cukup besar.

Daya diambil dari paket baterai Hypercraft 65 kWh yang memiliki ketahanan hingga 45 menit saat balapan. Sementara pengisiannya sudah Level 3 150 kW, sehingga hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit sekali pengecasan. Hal ini pun berpengaruh ke bobot sekitar 1.379 kg naik sekitar 100 kg.