POPULAR STORIES

Sebagai Langkah Edukasi, Petugas PLN Di Aceh Gunakan Motor Listrik

Sebagai Langkah Edukasi, Petugas PLN di Aceh Gunakan Motor Listrik Sekaligus sebagai upaya edukasi (HRA)

KabarOto.com - Ada yang berbeda, dalam kegiatan Manajemen PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh akhir pekan lalu. Pasalnya, PLN menyambangi sejumlah aset milik perusahaan tersebut di Banda Aceh, dengan mengendarai motor listrik.

General Manager PT PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi, menjelaskan pemeriksaan aset langsung yang dilakukan manajemen PLN UIW Aceh, merupakan bagian dari program PLN Aceh Care For Asset.

Baca Juga: Tanggap Perpres No.55 Tahun 2019, PLN Akan Sebar SPKLU Di Jawa Barat

"Kunjungan ke aset-aset ini untuk memastikan seluruh aset PLN UIW Aceh dalam kondisi baik. Sehingga manajemen dapat mengetahui secara terkini kondisi dan aset-aset yang dimiliki masih dapat berfungsi serta bermanfaat," kata Jefri.

Petugas PLN gunakan motor listrik

Menariknya, dalam kegiatan tersebut PLN sengaja menggunakan motor listrik. Hal itu sebagai upaya dalam mensosialisasikan kendaraan yang ramah lingkungan, sekaligus untuk memberikan pembelajaran terkait efisien dan nyamannya menggunakan motor untuk kegiatan sehari-hari.

Sepeda motor berjenis naked bike yang digunakan, dibekali baterai berkapasitas mencapai 2.500 watt dengan tipe maintenance free – lead acid (72V 20A). Saat baterai terisi penuh, motor tersebut diklaim dapat menempuh jarak sejauh 70 km.

Sepeda motor listrik PLN (IAB)

Lalu, untuk pengisian baterai hingga penuh membutuhkan waktu selama 5-7 jam, dengan charger input sebesar 220V/50Hz.

Baca Juga: PLN Gandeng Mall Di Jakarta Bangun Charging Station Kendaraan Listrik

"Kami ingin memberikan edukasi terkait pemanfaatan motor listrik, selain membantu untuk mengurangi polusi, dengan semakin maraknya penggunaan kendaraan listrik, diharapkan akan meningkatkan penjualan listrik PLN," imbuhnya.

Jefri menambahkan, saat ini untuk wilayah Aceh sudah terdapat 70 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, yang tersebar disejumlah tempat termasuk beberapa tempat keramaian.