POPULAR STORIES

Tanggap Perpres No.55 Tahun 2019, PLN Akan Sebar SPKLU Di Jawa Barat

Tanggap Perpres No.55 tahun 2019, PLN akan Sebar SPKLU di Jawa Barat Ilustrasi SPKLU (PLN)

KabarOto.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), secara bersamaan di 4 kota yakni Tanggerang, Bali Selatan, Jakarta dan Bandung pada penghujung Oktober 2019.

Acara peresmian SPKLU tersebut, sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sesuai dengan Peraturan Presiden no.55 tahun 2019. Lebih tepatnya: Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Di Jawa Barat, peluncuran SPKLU dilaksanakan di kantor PLN UP3 Bandung. Iwan Purwana, General Manager PLN UID Jabar, menyampaikan bahwa, pemakaian SPKLU lebih ekonomis dibandingkan dengan SPBU pada umumnya, karena tidak menggunakan tangki bawah tanah.

Baca Juga: PLN Gandeng Mall Di Jakarta Bangun Charging Station Kendaraan Listrik

"Empat puluh menit sudah bisa mengisi ketersedian listrik secara cepat, kemudian mobilnya tidak mengeluarkan asap dan bunyi," jelasnya. Saat ini, Irwan mengungkap bahwa pihaknya akan terus mencari lokasi untuk penambahan SPKLU.

Akan ditambah di beberapa titik strategis

"Tiga bulan ke depan kemungkinan bertambah lagi, kita sedang mencari lokasi keramaian seperti tempat anak muda minum kopi. Untuk itu kita mohon dukungan pemerintah provinsi di wilayah Jawa Barat," jelasnya.

Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, sangat mengapresiasi rencana PLN UID Jabar ini, mengingat salah satu program Provinsi Jabar adalah mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil dan meningkatkan konsumsi listrik perkapita.

"Jelas kita mendorong inovasi bahkan pada tahap regulasi, sekarang sudah mulai berkembang. Nanti kita pasang di tempat strategis di mana konsumennya banyak, misalkan di Gedung Sate salah satu tempat cukup penting, di parkiran sebelah timur," ujar Bambang.

Baca Juga: Versi Ekspor Gunakan Logo Chevrolet, Apa Bedanya Dengan Almaz Lokal?

Irwan menambahkan, SPKLU adalah hal mendasar untuk mendorong penggunaan kendaraan berlistrik. Dalam hal pembangunan SPKLU, PLN juga secara terbuka bekerjasama dengan berbagai pihak, baik perusahaan swasta ataupun BUMN lainnya.

Tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. "Secara berangsur sampai tahun depan diharapkan jumlahnya terus bertambah, guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterai, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya," pungkas Irwan.