Sebanyak 5,8 Juta Unit Mobil Listrik Terjual Di Tiongkok

Sebanyak 5,8 Juta Unit Mobil Listrik Terjual di Tiongkok

KabarOto.com – Penjualan kendaraan listrik di Tiongkok sudah menyentuh angka 5,8 juta unit hingga akhir Mei 2021. Di mana, angka tersebut merupakan lebih kurang setengah dari penjualan global.

Melansir data Asosiasi Produsen Mobil Tiongkok (CAAM), penjualan kendaraan listrik mencapai 950.000 unit pada lima bulan pertama tahun ini. Catatan tersebut naik 2,2% dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga : London Electric Cars Ubah MINI Klasik Jadi Mobil Listrik

Soal infrastruktur, pada April lalu telah dibangun 65.000 stasiun pengisian daya mobil listrik, 644 stasiun pertukaran daya, dan 1,87 juta tiang pengisian secara nasional di 176 kota.

Menurut prediksi CAAM pertumbuhan kendaraan listrik dari segi produksi dan penjualan pada lima tahun ke depan akan mencapai 40% lebih. Untuk penjualan sendiri diprediksi mencapai 1,9 juta pada tahun ini dan 2,7 juta unit untuk tahun selanjutnya.

Baca Juga : Siemens Bangun Fasilitas Pengisian Daya Mobil Listrik Di Asia Pasifik

Tiongkok yang menjadi negara dengan penjualan mobil listrik terbanyak di dunia, membuat beberapa pabrikan untuk membangun pabrik mobil listriknya di negara tersebut. Di mana, Tesla menjadi pabrikan mobil listrik yang pertama.

Selain itu, pabrikan mobil listrik lainnya seperti Nio Inc, Xpeng Inc dan BYD juga telah memperluas kapasitas produksi di Tiongkok. Sementara itu, pemerintah Tiongkok terus mendorong penggunaan mobil ramah lingkungan untuk menghasilkan lingkungan yang bebas polusi.