POPULAR STORIES

Sebarkan Keselamatan Berkendara, Jasa Marga Adakan Program Eco Driving

Sebarkan Keselamatan Berkendara, Jasa Marga Adakan Program Eco Driving Pelaksanaan Eco Driving (JM)

KabarOto.com - PT Jasa Marga (Persero) baru saja menggelar Roadster Eco Driving, 9–11 Maret 2020. Tujuannya adalah, untuk menyebarluaskan budaya keselamatan berkendara yang selaras dengan perilaku ramah lingkungan, serta gerakan hemat sumber energi.

Menurut Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto, Eco Driving menjadi salah satu upaya dalam menghadapi permasalahan di bidang transportasi, salah satunya adalah polusi udara yang terjadi di kota-kota besar.

Baca Juga: Galeri Foto Bus Mercedes-Benz OH 1626 Avante H8

"Selain itu, Eco Driving juga merupakan upaya untuk meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas," ujar Pandu. Pandu juga berharap dengan adanya acara Eco Driving ini, peserta yang mengikuti dapat menularkan pengetahuan kepada orang lain.

"Sehingga, harapan pemerintah untuk mewujudkan lingkungan yang ramah dan lalu lintas yang selamat, aman, dan tertib dapat terwujud," tambahnya.

Sebarkan pesan keselamatan berkendara (HT)

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Adrian Priohutomo menjelaskan, bahwa keselamatan pengendara menjadi perhatian Jasa Marga.

Saat ini, Jasa Marga telah mengembangkan 1.162 km jalan tol yang sudah dioperasikan dan kelak akan menjadi 1.527 km. Sehingga, Jasa Marga menaruh perhatian serius terhadap bagaimana safety driving ini dilakukan.

"Gaya berkendara dengan metode Eco Driving, tidak hanya mengenai ramah lingkungan tetapi juga tentang bagaimana berkendara dengan selamat dan nyaman di jalan," ujar Adrian.

Baca Juga: Virus Corona Menyebar, Anies Tunda Balap Formula E Di Monas

Roadster Eco Driving sendiri, menjadi bagian dalam rangkaian HUT Jasa Marga ke-42, yang jatuh pada tanggal 1 Maret, dengan tema 'Safety Driving on The Green Toll Road'.

"Eco Driving mengkombinasikan teknik mengemudi Safety Driving dengan Defensive Driving yang pada akhirnya dapat tercipta teknik mengemudi yang hemat waktu, biaya, aman serta ramah lingkungan," pungkas Adrian.