Sebelum Beralih Ke Mobil Baru, Kita Lihat Komponen Mobil F1 2021

Sebelum Beralih ke Mobil Baru, Kita Lihat Komponen Mobil F1 2021

KabarOto.com – Mobil Formula 1 generasi terbaru akan digunakan musim depan. Hampir seluruh bagian dirombak dari bagian bodi, hingga roda, semuanya menggunakan regulasi baru.

Sebelum beralih, kita liat yuk bagian-bagian yang ada di mobil regulasi 2021.

Sayap depan

Jadi salah sau bagian terlebar dari seluruh bodi. Berguna untuk menciptakan efek downforce, dan pada kecepatan penuh maka downforce yang diciptakan bisa disamakan seperti 10 kali berat tubuh manusia.

Di bagian ini terdapat nose yang menopang seluruh bagian sayap depan. Termasuk bagian sayap seperti tangga, itu berguna untuk menyeimbangkan mobil, dan mengalirkan angin ke seluruh bodi.

Baca Juga : Adaptasi Cepat Jadi Kunci Sukses Carlos Sainz Bersama Scuderia Ferrari

Halo

Bagian yang seperti windshield tanpa kaca berbentuk Y bar, ini dipakai sejak 2018 ditujukan agar melindungi kepala para pembalap apabila terjadi kecelakaan cukup parah.

Lantai dan diffuser

Bagian ini merupakan pemberi efek downforce terbesar di mobil F1. Pada kecepatan tertinggi bobot downforce yang diberikan hampir sekitar sama dengan 4.000 kg. Sementara diffuser berguna mengalirkan atau membuang angin dari bagian bawah mobil.

Baca Juga : Sosok Michael Masi, Jadi Sorotan Di F1 Karena Keputusannya

Sayap belakang

Sayap belakang berperan aktif untuk memberikan efek downforce di bagian belakang mobil. Selain itu, ada fungsi DRS yang membuat laju mobil lebih cepat di bagian tertentu trek, serta lampu belakang yang berguna ketika hujan lebat atau tanda bahaya.

Kamera

Semenjak 1998 mobil F1 dibekali setidaknya tiga kamera onboard. Dan mulai 2016, resolusi kamera tersebut sudah high definition atau lebih jernih dan detail, serta bisa live ditonton langsung ketika balapan.