POPULAR STORIES

Sosok Michael Masi, Jadi Sorotan Di F1 Karena Keputusannya

Sosok Michael Masi, jadi Sorotan di F1 Karena Keputusannya

KabarOto.com – Nama Michael Masi menjadi sorotan dalam ajang Formula 1 musim 2021. Race director ini sering membuat keputusan yang bisa dibilang kontroversi.

Nama Michael Masi ditunjuk oleh FIA untuk menggantikan Charlie Whiting yang meninggal dunia pada 2019 lalu. Tugasnya sendiri berbeda dengan steward yang mengawasi di lintasan sirkuit, race director sendiri bertugas mengurus segala macam protokol balapan, dan bertanggung jawab atas kelancaran balapan.

Charlie Whiting, race director FIA yang wafat mendadak pada 2019

Baca juga: Mick Schumacher Dan Antonio Giovinazzi Jadi Pembalap Cadangan Ferrari

Sebelumnya Masi juga menjabat sebagai race director untuk Formula 3 dan 2. Ia juga bertugas sebagai asisten Charlie Whiting, selain itu ia juga mejabat sebagai delegasi keselamatan FIA yang bertanggung jawab guna memastikan semua kondisi seperti mobil, sirkuit dan pembalap semuanya dalam keadaan aman.

Nah, di sini orang dibalik penentuan seperti yellow flag, red flag, dikeluarkannya safety car, hingga dimulainya balapan kembali, ada di tangan Masi.

Race director juga punga kuasa mengubah isi regulasi F1 bila dibutuhkan. Berfungsi sebagai pengawasan, sehingga tidak bisa memberikan hukuman kepada pembalap yang melanggar, sebab itu merupakan tugas steward.

Michael Masi memikul tugas berat

Misalnya, apabila dalam balapan ada notifikasi Noted, maka Masi sedang meninjau apa insiden perlu di lanjutkan ke steward atau tidak, jika tidak, maka akan keluar notifikasi No Investigation Necessary.

Musim ini, keputusan kontroversi dari Masi paling heboh adalah dihentikannya balapan F1 Hongaria yang hanya berjalan tiga lap saja akibat cuaca buruk, oleh keputusannya ada poin 0,5 dalam total poin pembalap.

Lalu paling krusial adalah saat di Abu Dhabi terakhir, di lap akhir Nicholas Latifi (Williams) mengalami kecelakaan hingga safety car diturunkan. Saat itu Max Verstappen (Red Bull Racing) tertinggal jauh di urutan kedua bisa memperkecil jarak dengan Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas).

Baca juga: Kemenangan Terbaik Max Verstappen Selama Musim 2021

Keputusannya banyak dikritik karena dinilai terlambat, bahkan saat lap akhir di mana Verstappen bertarung dengan Hamilton, beberapa kali Toto Wolff (Kepala tim Mercedes-AMG Petronas) melalui radio beberapa kali mengatakan keberatannya kepada Michael Masi.

Keputusan akhir tetap dipegang oleh Masi, ia tetap pada keputusannya. Musim 2022, Michael Masi akan tetap bertindak sebagai race director.