POPULAR STORIES

Sebelum Digunakan Mudik, Kendaraan Bertransmisi Matik Wajib Flush Dan Kuras Oli Transmisi

Sebelum Digunakan Mudik, Kendaraan Bertransmisi Matik Wajib Flush dan Kuras Oli Transmisi Kipli

KabarOto.com - Sobat, musim mudik lebaran Idul Fitri 2023 telah tiba. Bagi pengguna mobil bertransmisi matik, ada baiknya melakukan pengecekan girboks dengan melakukan gurah atau flush agar kondisi penggerak mobil lancar jaya saat digunakan pulang ke kampung halaman tercinta.

Komponen gir dan lainnya sering bergesek di dalam transmisi, gram atau bubuk sisa gesekan akan bersarang hingga berisiko mengganggu kinerja. Oleh sebab itu, agar performanya kembali meningkat biasanya dilakukan pergantian pelumas sesuai waktu interval.

Baca Juga: Astra Peugeot Siapkan Bengkel Dan Pos Siaga Mudik Lebaran Idul Fitri 2023

Hal tersebut, diamini oleh Rafi'i Sinurat selaku Kepala Bengkel Astra Peugeot. Ia menjelaskan, ganti pelumas reguler kurang maksimal karena masih ada gram di dalam transmisi tidak ikut terbuang. Hal tersebut masih dibutuhkan proses flush atau menguras seluruh oli agar ruang kerja transmisi bersih secara maksimal.

“Langkah ini untuk memaksimalkan kerja transmisi otomatis bisa diaplikasikan untuk mobil-mobil mulai lawas hingga modern. Agar performanya meningkat, transmisi otomatis disarankan untuk flush secara berkala,” ujarnya.

Baca Juga: 65 Bengkel Siaga Daihatsu Dari Sabang Sampai Merauke Siap Temani Pemudik Lebaran Idul Fitri 2023

Flush transmisi otomatis sebaiknya dilakukan setiap interval 40 ribu km, karena proses flush transmisi otomatis memang relatif berbeda dengan ganti oli pada umumnya. Menurutnya, pelumas yang sudah terkontaminasi di dalam transmisi benar-benar dikuras. Termasuk kotoran yang sulit dihilangkan.

Sebagai gambaran, jika proses ganti oli transmisi otomatis saja sebanyak 4 liter, hanya mengganti yang ada di penampungan. Sedangkan flush transmisi otomatis menggunakan alat khusus, sehingga volume pelumas yang biasanya sekitar 8 liter terkuras semua.

“Jadi benar-benar bersih, karena kotoran di dasar dan melekat di komponen ikut terbuang,” tutupnya.