POPULAR STORIES

Sebelum Diproduksi, Mobil Daihatsu Perlu Melewati 4 Tahap Berikut

Sebelum Diproduksi, Mobil Daihatsu Perlu Melewati 4 Tahap Berikut All New Daihatsu Xenia (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Daihatsu menampilkan R&D Corner sebagai sarana informasi yang edukatif Pada acara Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456 yang berlangsung di Rest Area Salatiga, Jawa Tengah pada 17–20 November 2022.

Fasilitas ini memberikan informasi bagi pengunjung proses pengembangan mobil Daihatsu dari tahap awal hingga produksi, yang terbagi menjadi 4 tahap besar, dimulai dari Planning, Styling, Engineering, dan Testing.

“Kami berharap para pengunjung memahami proses pengembangan kendaraan Daihatsu, serta memberikan kebanggaan bagi pelanggan terhadap mobil Daihatsu yang dimilikinya sesuai dengan visi R&D ADM,” ujar Mark Widjaja, Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca juga: Subaru REX Hadir Di Jepang, Jadi Kembaran Toyota Raize Dan Daihatsu Rocky

Siswa SMK belajar bagaimana tahapan produksi mobil Daihatsu

Pada tahapan Planning, Daihatsu mengawalinya dengan melakukan survey pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi (jenis dan dimensi kendaraan) yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Kemudian dilanjutkan pada proses Styling, berupa perwujudan dari hasil analisa pasar melalui pembuatan sketsa gambar, disusul proses clay modeling, dan membuat data visual 3 dimensi untuk menjembatani ke proses selanjutnya.

Pada tahapan Engineering, desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan dengan memenuhi standar harus mengakomodir kualitas dan durabilitas terbaik pada setiap bagian, serta mewujudkannya dengan pembuatan prototype untuk diuji coba. Lalu pada Testing, ini adalah fase di mana produk harus lulus dan tervalidasi performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya sesuai dengan kondisi di Indonesia.

Baca juga: Penjualan Daihatsu Alami Kenaikan, Sigra Paling Laris

Sebagai informasi, Daihatsu memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, meliputi Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalan di Indonesia seluas 25 Hektare (Ha), berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.

Pada kesempatan yang sama, acara ini juga mendapat kunjungan dari berbagai sekolah vokasi atau SMK pada Jumat, 18 November 2022. Tercatat sebanyak 6 SMK dengan total sekitar 50 peserta yang berpartisipasi meliputi, SMK Negeri 1 Sawit, SMK Negeri 2 Salatiga, SMK Muhammadiyah Salatiga, SMK Adi Sumarmo Colomadu, SMK Negeri 5 Surakarta, dan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom.