POPULAR STORIES

Subaru REX Hadir Di Jepang, Jadi Kembaran Toyota Raize Dan Daihatsu Rocky

Subaru REX Hadir di Jepang, Jadi Kembaran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Subaru REX (Foto: Dok Subaru Japan)

KabarOto.com – Subaru merilis mobil baru yang berbasis Toyota Raize dan Daihatsu Rocky untuk pasar Jepang. Dua mobil ini sebelumnya punya kembaran di Malaysia bernama Perodua Ativa. Dan Subaru REX ini bisa dibilang menjadi menjadi kembaran ke-4 Rocky dan Raize.

Secara desain, REX lebih mengikuti bentuk Rocky, mulai dari bumper depan dan belakang, permainan warna, hingga model peleknya, baik dari tipe terendahnya G memakai ukuran 16 inci silver Tipe tertinggi yaitu Z, mendapat ukiran 17 inci dual tone.

Tipe G terendah dan Tipe Z tertinggi.

Perbedaan utama ialah desain gril depan, REX punya model polos tanpa aksen merah dan krom di sekelilingnya. Sementara hanya tipe tertinggi mendapat tambahan foglamp dan DRL.

Baca Juga : Profil Toyota Raize GR Sport

Varian mesin 1.000 cc turbo tidak ada di katalog, hanya ada opsi mesin 1.200 cc 3 silinder milik Rocky berkode WA-VE. Tenaga maksimal mencapai 88 dk pada 6.000 rpm, dan torsi maksimal 112,7 Nm pada 4.500 rpm. Pilihan transmisi CVT dan penggerak roda depan saja tanpa opsi AWD.

Berbagai fitur ala Advanced Safety Assist (A.S.A) pun disematkan seperti Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Lalu Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking, memberi peringatan dan melakukan pengereman secara otomatis. Tidak hanya itu Hill Start Assist (HSA), rear parking camera dan back sonar membuat pengendara lebih aman saat mundur.

Baca Juga : First Drive - Daihatsu Rocky, Mencoba Mengulang Sejarah

Kelengkapan standar seperti SRS Airbag, untuk pengemudi dan penumpang. Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Vehicle Stability Control (VSC) jadi menu standar bagi REX.

Interior juga tampak masih mirip dengan Raize dan Rocky, seperti desain dasbor dan jok fabrik aksen merah, motifnya sama.

Begitu pula penggunaan head unit layar sentuh 9 inci, sudah bisa terkoneksi smartphone, Android Auto dan Apple CarPlay, untuk mempermudah koneksi. Mobil ini dijual dengan harga Rp 183 - 222 jutaan.