POPULAR STORIES

Sebelum Liburan Akhir Tahun, Pastikan Temperatur Mobil Normal, Ini Langkahnya

Sebelum Liburan Akhir Tahun, Pastikan Temperatur Mobil Normal, Ini Langkahnya Air sebagai coolant yang Anda gunakan juga berpengaruh. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - sebagian pemilik kendaraan khususnya roda 4, mungkin pernah mengalami indikator temperatur tiba-tiba naik. Nah, tak perlu panik jika kita bisa melakukan tindakan preventif seperti yang diuraikan oleh Jaya Radiator di bilangan Bhayangkara, Tangerang Selatan.

Kondisi Radiator

Kondisi radiator yang tidak baik, dapat mengakibatkan temperatur mobil menjadi panas. Kondisi radiator yang tidak baik dalam artian keadaan bocor atau tersumbat. Selain itu selang yang terhubung dengan radiator juga jadi penyebabnya seperti berkerak.

Air sebagai coolant yang Anda gunakan juga berpengaruh. "Banyak orang yang mengganti cairan radiator dengan air sumur, air tanah, dan air mineral biasa. Ketiga cairan tersebut mengandung logam dan mineral yang memicu penyumbatan sehingga mesin berpotensi untuk cepat panas," ujar Mus selaku pemilik bengkel.

Selain itu, naiknya temperatur juga dipicu oleh kipas radiator yang tidak bekerja dengan baik. Contohnya kipas radiator yang macet, melemah, hingga bagian switch yang rusak.

Kualitas Oli

Menurut Mus, kualitas oli juga dapat mempengaruhi temperatur mobil. Oli yang bermutu rendah tidak akan tahan terhadap panas mesin mobil sehingga oli akan menguap.

Kemudian, menguapnya oli mengakibatkan mobil kehilangan intensitas pelumas dan komponen yang bergesekan akan menimbulkan panas yang berlebihan.

Tidak hanya itu, bukan hanya kualitas oli saja yang perlu diperhatikan. Kebocoran pada wadah dan selang oli juga bisa mengakibatkan mengurangnya oli secara drastis.

V-Belt atau Tali Kipas

V-belt atau tali kipas pada mobil pun mempunyai peran penting untuk menjaga keadaan temperatur mobil. Jika tali kipas tidak bekerja dengan maksimal, panas mobil akan susah direduksi.

Lalu Beberapa komponen mobil, seperti kop silinder bisa bengkok, piston berpotensi macet, serta bantalan mesin dan silinder mesin dapat jadi cacat. Selain itu, freon AC juga bisa-bisa terkuras habis karena suhu mobil yang terlampau panas.

"Untuk mengatasi radiator yang bocor atau berkaratnya selang, Anda tentunya harus mengganti komponen-komponen yang terdapat dalam radiator. Bahkan kalau perlu, harus mengganti radiator secara keseluruhan," ujarnya.