POPULAR STORIES

Sebelum Mudik Lebaran, Ini Tips Pengecekan Kondisi Mobil

Sebelum Mudik Lebaran, Ini Tips Pengecekan Kondisi Mobil Ilustrasi perjalanan mudik dengan mobil pribadi. (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Bagi masyarakat yang melakukan mudik Lebaran dengan menggunakan mobil pribadi, perlu mempersiapkan kondisi kendaraan sebaik mungkin. Hal ini dilakukan untuk kelancaran perjalanan selama mudik Lebaran.

Dalam hal ini, pemilik mobil perlu memeriksa kondisi mobil di beberapa bagian, seperti oli mesin, aki, air radiator, lampu dan lain-lain.

Agus Priyanto, Mekanik Auto2000 menjelaskan bahwa oli mesin perlu di cek terlebih dahulu, apakah kondisinya masih bagus atau harus diganti.

Baca Juga: Jangan Sembarang Pilih Filter Oli Mesin untuk Mobil, Ini 5 Tipsnya

Cek kondisi oli mesin mobil

Lakukan Pengecekan Oli Mesin

"Caranya dipstick kita cabut dan lihat kondisi olinya, apakah masih bagus atau tidak. Apa dia masih bening, coklat, atau justru sudah menghitam, bahkan mungkin sudah berkerak," ungkap Agus.

Kemudian aki sebagai sumber daya listrik, banyak mobil dipakai mudik itu mogok. "Aki soak jadi salah satunya, untuk pengecekan aki itu sebenarnya gratis seperti di Auto2000," jelas Agus.

Selain itu, Agus pun menjelaskan salah satu alat semacam pemberitahuan ada Replace Battery, Recharge, Good Recharge ini untuk mengetahui kondisi mobil bagus atau mungkin kendaraan jarang dipanaskan atau pemakaian jarang seminggu sekali.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Boks Motor yang Tepat, Bukan Cuma Melihat Desainnya

Cek air radiator, penting untuk mobil bertransmisi matik

Cek Kondisi Cairan Penting di Mobil

Pemeriksaan lain bisa dilakukan untuk cairan penting dicek misalnya air radiator, terutama untuk transmisi matik. Kemudian cairan power steering dan minyak rem, kemudian bisa lainnya seperti kanvas rem.

"Lalu setelah itu, kalau memang semuanya sudah baru kita juga akan cek kelistrikan. Lampu yang kurang terang itu kan berbahaya juga, jika sudah tidak bagus, sebaiknya diganti," pungkas Agus.