POPULAR STORIES

6 Tips Memilih Boks Motor Yang Tepat, Bukan Cuma Melihat Desainnya

6 Tips Memilih Boks Motor yang Tepat, Bukan Cuma Melihat Desainnya Ilustrasi penempatan boks motor. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Boks motor merupakan bagian penting bagi pengendara motor yang hendak melakukan perjalanan jauh. Seperti halnya ingin melakukan mudik lebaran, tentunya penggunaan boks motor akan lebih berguna sebagai tempat penyimpanan ideal untuk berbagai barang bawaan.

Pada umumnya, boks motor diletakkan di bagian belakang motor, baik di bagian dua sisi kanan dan kiri pada belakang motor, maupun bagian belakang dekat ujung jok motor.

Jika Sobat KabarOto tertarik menggunakan boks motor sebagai persiapan perjalanan mudik lebaran, sebaiknya Sobat menggunakan boks motor yang tepat. berikut tips memilih boks motor:

6 Tips Memilih Boks untuk Sepeda Motor

Pemilihan dimensi dan jenis boks harus disesuaikan dengan proporsi sepeda motor untuk menjaga keselamatan pengendara. Pemasangan boks harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari risiko kecelakaan.

Dalam memilih boks motor Sobat juga perlu mempertimbangkan model dan ukurannya. Bukan hanya soal selera, apa saja yang perlu diperhatikan?

Baca Juga: Givi Luncurkan Boks Motor Terbaru, Trekker

6 tips memilih boks motor

  • Perhatikan ukuran boks dengan ukuran bodi motor

Ukuran boks harus sesuai dengan dimensi sepeda motor, hal ini demi mempertahankan keseimbangan untuk keselamatan berkendara. Perlu memperhatikan panjang boks agar sesuai dengan struktur sasis motor dan tidak melebihi lebar bodi motor untuk menghindari kesulitan saat melintasi jalanan sempit, maupun sedang menyalip kendaraan saat perjalanan.

  • Jangan gunakan boks yang terlalu besar hingga melebihi kapasitas mesin

Boks motor dengan kapasitas besar dan terisi barang bawaan akan membebani kinerja mesin karena secara bobot mesin membutuhkan tenaga yang besar, apalagi jika Sobat menghadapi jalanan menanjak boks dengan bobot yang berat akan mengurangi laju kecepatan sepeda motor.

Baca Juga: Shad Tawarkan Box dan Tas Motor Baru untuk Pecinta Adventure

Motor 125 cc sebaiknya memilih boks motor dengan kapasitas tidak lebih dari 30 liter. Untuk motor 250 - 400 cc, disarankan memilih boks dengan kapasitas di bawah 35 liter. Motor dengan kapasitas mesin lebih dari 400 cc sebaiknya memilih boks dengan kapasitas maksimal 50 liter.

  • Pilih boks motor yang mudah digunakan

Pilihlah boks motor yang ringan untuk memudahkan pemasangan dan pelepasan, serta membatasi jumlah barang yang dibawa agar tidak melebihi kapasitas muatan.

  • Jangan sembarang pilih bracket boks motor

Pemilihan bracket harus disesuaikan dengan model boks dan jenis sepeda motor yang digunakan untuk memastikan pemasangan yang aman dan kokoh.

Baca Juga: Jangan Simpan Sembarang Barang di Jok Boks Motor, Berikut Tipsnya

  • Pilih merek boks motor yang sudah teruji

Jangan sembarang menentukan pilihan boks motor, ada baiknya pertimbangkan kekuatan boks yang sudah teruji melalui merek-merek yang sudah andal pada bidangnya.

  • Hindari pembelian boks motor secara online

Jika ingin membeli boks motor, usahakan tidak membelinya secara online. Lebih baik Sobat datang ke toko secara langsung untuk bisa melihat, memilih boks yang paling ideal dengan pilihan yang tersedia, dan bisa membandingkan harga pada tiap modelnya.

Temukan Tips Seputar Otomotif Lainnya dengan Mengunjungi: Ototips