POPULAR STORIES

Secara Bertahap, Astra Mulai Serahkan Bantuan Ribuan APD Dan Alat Rapid Test

Secara Bertahap, Astra Mulai Serahkan Bantuan Ribuan APD dan Alat Rapid Test

KabarOto.com - Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia tentunya membuat berbagai instansi dan perusahaan memberi uluran tangan. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Astra dan Grup Astra memberikan bantuan senilai Rp 63 miliar.

Akhir bulan Maret lalu tepatnya (30/3), melalui Nurani Astra bantuan berupa Alat Perlindungan Diri (APD), masker, hazmat, dan Covid-19 rapid test diserahkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Detailnya, bantuan diberikan berupa berupa 3.000 masker N95, 15.000 masker surgical, 1.500 hazmat coverall, dan 1.000 covid-19 rapid test.

"Dengan adanya bantuan dari Astra ini, BNPB dapat menyebarkan alat bantuan tersebut ke berbagai daerah-daerah di Indonesia yang masih kekurangan alat pencegah COVID-19 secara merata," tutur Doni Monardo Kepala BNPB.

Baca Juga: Astra Donasikan Rp 63 Miliar Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Riza Deliansyah selaku Deputy Chief of Corporate Affairs Astra juga menjelaskan, bantuan tahap awal secara bertahap diserahkan kepada berbagai pihak untuk mencegah penyebaran Covid-19. Astra dan Grupnya juga berharap melalui bantuan ini mereka dapat berkontribusi mencegah penyebaran.

"Kami berharap bantuan ini dapat berkontribusi mencegah penyebaran wabah ini, sehingga dapat meringankan beban masyarakat dan pemerintah," ujar Riza Deliansyah.

Selain ke BNPB, Astra juga menyerahkan bantuan berupa alat pencegahan penyebaran Covid-19 ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan hand sanitizer ke Pemprov Jawa Timur.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Astra Honda Motor Tiadakan Mudik Gratis 2020

Sebelumnya, Astra juga mendonasikan 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up, 10 unit truk (lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR71) kepada Palang Merah Indonesia. Kendaraan ini akan digunakan sebagai sarana penyemprot disinfektan.

Astra juga telah menyerahkan bantuan senilai Rp 40 miliar kepada suatu yayasan yang menampung dan mengelola bantuan dari grup-grup perusahaan di Indonesia.

Bantuan tersebut telah disalurkan kepada 185 rumah sakit dan puskesmas serta 13 institusi dalam bentuk alat pencegahan penyebaran Covid-19 seperti masker, Covid-19 rapid test, dan alat pelindung diri. Bantuan serupa juga diberikan kepada 21 Kampung Berseri Astra di Jabodetabek.