POPULAR STORIES

Sedih, Suzuki Suntik Mati Motor Legendaris Hayabusa Karena Masalah Ini

Sedih, Suzuki Suntik Mati Motor Legendaris Hayabusa Karena Masalah Ini Langkah tersebut terpaksa diambil karena mesin Suzuki Hayabusa saat ini tidak memenuhi standar emisi gas buang Euro4. (Foto: Bennetts)

KabarOto.com - Pecinta kecepatan pasti tahu bahwa Suzuki punya satu motor legendaris. Ya, motor yang dimaksud adalah Hayabusa. Motor ini menyandang predikat sebagai hyperbike tercepat sejagad.

Kabar terbaru ini membuat hati pecinta motor kencang asal Jepang ini tersayat. Hal tersebut tak lain karena Suzuki bakal menyuntik mati Hayabusa setelah 20 tahun mengaspal di dunia.

Dikutip dari laman motorcycle, meski motor ini kencang, langkah tersebut terpaksa diambil karena mesin Suzuki Hayabusa saat ini tidak memenuhi standar emisi gas buang Euro4.

Suzuki Hayabusa pertama kali dilahirkan pada tahun 1998. Pada tahun 1999, hyperbike yang memiliki kode GSX-R1300 ini mampu memecahkan rekor sepeda motor pabrikan masal tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 310 km/jam.

Baca Juga: Wow, Ada Suzuki Hayabusa Buatan India!

Nah, di Amerika Serikat, Suzuki Motorcycle diberi waktu dua tahun untuk menghabiskan stok Hayabusa. Sementara di pasar Eropa, moge legendaris ini hanya boleh dijual sampai akhir 2018, dan untuk proses produksinya sendiri di Jepang sudah dihentikan.

Berbicara mesin, performa buasnya itu ditenagai oleh mesin 4-silinder segaris DOHC berkapasitas 1.340 cc. mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 195,7 dk dengan torsi maksimum mencapai 154 Nm.

Performa Suzuki Hayabusa yang mengerikan juga tidak terlepas dari bobotnya yang hanya 220-266 kg. Sektor sasisnya pun mendukung untuk melaju kencang. Pasalnya, Suzuki Hayabusa menggunakan rangka twin-spar dan pelek berbahan aluminium.

Namun beberapa kabar menyebutkan bahwa akan ada reinkarnasi dari motor ini dari Suzuki Jepang. Kita tunggu saja kabar selanjutnya!