POPULAR STORIES

Segera Beroperasi Penuh, Berikut Fakta Menarik Tol Cisumdawu

Segera Beroperasi Penuh, Berikut Fakta Menarik Tol Cisumdawu Tol Cisumdawu (Foto: BPJT)

KabarOto.com - Memiliki panjang 61,6 kilometer (Km), jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan atau Cisumdawu terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi dan Tol Cikampek - Palimanan (Cipali) via Junction Dawuan.

Terdiri dari enam seksi, terdapat tiga seksi yang sudah beroperasi lebih dulu, yakni Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,4 Km), Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17 Km), dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4 Km).

Baca Juga : Alasan Tol Cisumdawu Tidak Dioperasikan Secara Penuh Saat Mudik Lebaran 2023

Telah diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (11/7/2023), tiga seksi lainnya siap dioeperasikan, yakni Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), Seksi 6A dan 6B Ujung Jaya - Dawuan (6,2 Km).

"Pada hari ini jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan segera siap dioperasikan," kata Jokowi dilansir Youtube Sekretariat Negara.

Kementerian PUPR

Tol Cisumdawu dikenal karena memiliki ikon terowongan kembar (Twin Tunnel) yang menjadi terowongan Jalan Tol terpanjang di Indonesia, dan merupakan tol pertama yang memiliki terowongan di Seksi II.

Terowongan kembar ini menggunakan inovasi teknologi New Austrian Tunneling Method (NATM) yang berguna dalam menguatkan tanah sebelum penggalian.

Selain itu, konstruksi Jalan Tol Cisumdawu juga menggunakan teknologi khusus Geofoam EPS yang diterapkan pada pembangunan Seksi 5A. Geofoam EPS adalah material yang berbentuk balok-balok berbobot ringan dan sudah biasa diterapkan di luar negeri, terutama untuk menangani lapisan tanah yang labil.

Baca Juga : Pertamina Sediakan Layanan Pesan Antar BBM di Tol Cisumdawu

Kehadiran Jalan Tol Cisumdawu menjadi konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat, dari Bandung menuju ke Kertajati dan efektivitas operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Tak hanya itu, keunikan lainnya ialah adanya 5 buah Simpang Susun (SS) yakni SS Pamulihan, SS Sumedang, SS Cimalaka, SS Legok, SS Ujung Jaya, dan 2 Junction yakni Junction Cileunyi dan Junction Dawuan. Hadirnya SS tersebut membuat Tol Cisumdawu menjadi salah satu yang terindah di Indonesia.

Sebagai informasi, seksi 1 dan 2 Tol dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Kemudian Seksi 3 - 6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol.