Seharga 50 Juta, Ini Kelebihan PPF Dari Harganya Yang Fantastis!

Seharga 50 juta, Ini Kelebihan PPF dari Harganya yang Fantastis! Foto: Wandha

KabarOto.com - Sobat KabarOto sudah pernah dengar PPF? Kepanjangannya Paint Protection Film. Nah, ini semacam anti gores untuk mobil nih. PPF ini bentuknya seperti plastik dan bening, sehingga ketika dilapisi ke mobil warnanya tidak akan berubah. Bahkan, lapisan ini membuat warna pada mobil lebih terang loh.

Kalau masih asing, sebenarnya PPF ini sudah ada sejak 15 tahun lalu dan banyak tersebar di Indonesia. Namun, produk PPF dari tahun ke tahun semakin berkembang sehingga kini memiliki performa yang sangat baik seperti milik V-Kool.

Baca Juga: V-Kool Luncurkan Produk Pelindung Cat Kendaraan

Nah, V-kool merupakan merek yang berkecimpung di industri kaca film ini, sudah mengeluarkan PPF sejak April 2018 lalu. Lianto Winata selaku Bussiness Development Director PT V-Kool Indo Lestari menjelaskan, "PPF adalah kaca film elastis, dibuat dari bahan yang namanya TPU atau Thermoplastic polyurethane."

Lapisan inilah yang akan melindungi mobil khususnya cat original pada mobil, seperti dari goresan, benturan atau apa pun yang bisa melukai atau merusak cat. Tidak sekedar melindungi car, lapisan ini juga melindungi warna asli mobil loh. Karena apabila ada kotoran mengenai mobil, proses pembersihannya lebih gampang.

contoh bagian yang terlindungi PPF dan tidak

Selain itu, PPF memiliki sifat UV blocker. Sifat ini mungkin bisa disamakan dengan kinerja skin care seperti sunscreen atau sunblock, yang digunakan untuk tubuh agar tidak gosong setelah berjemur di teriknya matahari. Sehingga cat pada mobil juga tidak berubah menjadi kusam.

Kerennya lagi, PPF juga memiliki sifat self-healing. Di mana jika terjadi benturan atau goresan pada mobil yang melukai bagian dari lapisan PPF, goresan tersebut bisa hilang dan mulus kembali. Prosesnya ketika goresan ini terkena panas, baik dari matahari maupun mesin mobil itu sendiri, goresannya akan memuai.

V-Kool memiliki dua varian lapisan, yaitu glossy dan matte. Untuk PPF glossy tidak ada perubahan warna yang terjadi, malah warna cat mobil akan terlihat lebih mengkilap dan terang. Sedangkan matte akan memberikan efek doff pada cat mobil.

contoh glossy dan matte

Ketika mobil sudah dipasangi PPF, perawatannya seperti merawat mobil pada umumnya. Salah satu yang ditekankan adalah kebersihan selama pemakaian mobil. Karena lapisan PPF bisa bertahan lama bertahun-tahun apabila mobil memang terawat dan tidak terkena benturan yang mengakibatkan penyok.

contoh glossy dan matte

Nah, untuk pemasangan PPF memang bisa dikatakan cukup mahal. Namun, dibanderol dengan harga Rp 50 juta - Rp 65 juta menurut Lianto perawatan ini masih worth it, "Mahal sih relatif ya, karena kalau kita sayang mobil, ingin mempertahankan cat ori itu worth it. Karena hanya dengan menggunakan PPF kita nggak perlu perawatan lain seperti cat ulang, baret-baret, atau risiko lain yang menurunkan nilai mobil."

Detil PPF yang akan dirapikan

Untuk range harga tersebut diukur dari size mobil, untuk ukuran kecil dan detil yang tidak terlalu sulit seperti Mini Cooper dihargai sekitar Rp 50 juta. Berbeda dengan mobil dengan ukuran yang lebih besar dan detil yang lebih rumit.

Kalau Sobat Kabaroto ingin pasang PPF tidak melulu harus satu bodi loh, bisa bagian-bagian tertentu. Biasanya disarankan untuk bagian yang sering terkena benturan, contohnya bumper. Untuk kondisi ini biasanya kena biaya sekitar Rp 20 juta.