POPULAR STORIES

Sejarah Lahirnya Hyundai N, Divisi Performa Pabrik Negeri Ginseng

Sejarah Lahirnya Hyundai N, Divisi Performa Pabrik Negeri Ginseng (Foto: KO/Hyundai)

KabarOto.com - Hyundai Motor Company melalui Hyundai N mengaku berkomitmen menciptakan inovasi pada mobil performa tinggi. Hyundai N lahir dari dua kota yang menjadi sumber inspirasinya.

Kota pertama adalah Namyang, sebuah distrik penelitian dan pengembangan Hyundai di Korea Selatan. Kota berikutnya adalah Nürburgring, sebuah sirkuit balap terkenal di Jerman yang telah menjadi panggung uji coba bagi performa.

Baca Juga: Keunikan Masing-masing Pabrikan Warnai Balap Pembuka Formula E Jepang

Pengembangan Hyundai N berakar dari tekad Hyundai untuk menciptakan mobil performa yang menjadi gebrakan baru di pasar. Inisiatif ini dimulai pada 2012 ketika Hyundai mengumumkan keterlibatannya kembali dalam WRC (World Rally Championship), seraya memperkenalkan mobil konsep terbaru, yakni i20 WRC di Paris Motor Show pada bulan September.

Tiga bulan setelah pengumuman tersebut, Hyundai Motorsport resmi dibentuk di Alzenau, Jerman, sebagai strategi Hyundai untuk mempercepat persiapannya kembali ke WRC.

Hyundai i20 N WRC pada 2014

Pada Maret 2013, Hyundai memperkenalkan mobil konsep i20 WRC dengan peningkatan terbaru di ajang Geneva Motor Show. Hal itu semakin dipertegas dengan peresmian Hyundai Motor Technical Center di Nürburgring. Hyundai menutup tahun 2013 dengan memperkenalkan N Logo untuk pertama kalinya, diiringi peluncuran kendaraan untuk WRC 2014 pada bulan Desember.

Upayanya berujung pada hasil yang memuaskan, terutama dengan kemenangan mereka di Reli Jerman pada 2014. Kala itu, i20 WRC besutan Hyundai Motorsport berhasil meraih empat podium dan finish di posisi ke-4 klasemen pabrikan di ajang WRC 2014.

Baca Juga: Intip Galeri dan Spesifikasi Mobil Balap Praga R1 yang Diboyong ke Indonesia

Hyundai Elantra N TCR tampil di World Touring Car Cup (WTCR)

Kesuksesan i20 di WRC berlanjut di tahun 2015 dengan kembali merengkuh empat podium dan berhasil bercokol di tiga besar klasemen akhir. Tahun 2015 juga jadi momen bersejarah bagi Hyundai dengan diperkenalkannya Hyundai High-Performance N Lineup di ajang Frankfurt Motor Show 2015 di Jerman. Selain memamerkan RM15 Concept Cars, Frankfurt Motor Show juga menjadi panggung bagi Hyundai untuk memperkenalkan N 2025 Vision Gran Turismo yang saat itu digadang-gadang sebagai teknologi high-performance car dari Hyundai.

Keseriusannya turut mengantarkan Hyundai di berbagai ajang kejuaraan balap, di antaranya World Rally Cup (WRC) dan World Touring Car Cup (WTCR). Model ini bahkan dipercaya menjadi official safety car dalam ajang World Superbike (WorldSBK) di Sirkuit Internasional Mandalika pada 2021 dan 2022.