POPULAR STORIES

Sejumlah Tim Balap Keluhkan Regulasi One Make Tire Scooterprix

Sejumlah Tim Balap Keluhkan Regulasi One Make Tire Scooterprix One Make Tire Scooterprix (KabarOto/Kipli)

KabarOto.com - Gelaran kompetisi khusus skuter yakni Scooterprix baru saja melangsungkan perhelatan perdananya akhir bulan November 2023 lalu. Para tim balap mengaku puas dengan musim yang mereka lakoni jelang tutup tahun ini.

Penyelenggara dinilai telah siap secara fasilitas hingga segi acara hiburannya. Namun, rupanya tak semua tim balap setuju dengan regulasi One Make Tire (OMT) yang ditentukan oleh racing committee atau panitia balap.

"Soal ban, itu kan ban standar (radial), bukan untuk balap (semi/slick), jadi kalau ada kecelakaan dan insiden karena kualitas ban tersebut apakah pihak penyelenggara maupun sponsor akan tanggung jawab kepada pembalap?," ujar Ikbal Wahyudin dari tim balap Heru Speed.

Baca Juga: Pertarungan Sengit Antar Pembalap Di Scooter Prix 2023, Ini Kata Mereka

Ia mengakui, untuk susunan acara dan segi penyelenggaraannya sudah sangat baik, bahkan cenderung mewah. "Namun kalau soal regulasi OMT, sepertinya harus digodok lagi," lanjut pria yang bermarkas di kawasan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan itu.

Sedangkan dalam kesempatan wawancara terpisah, Faris Lutfi selaku Racing Committee Eshark angkat bicara soal penggunaan ban Millenium Tires lansiran PT Elangperdana Prima Niaga & Industri, yang banyak menimbulkan kontroversi di dunia balap skuter tersebut.

"Pro kontra itu wajar, maka dari itu pendekatan kami pun harus lebih persuasif kepada komunitas pecinta balap skuter ini. Tahun depan rencananya kami akan rangkul mereka untuk melakukan riset lebih lanjut dalam penggunaan ban tersebut (Millenium) di ajang Scooterprix, doakan saja hasilnya positif untuk kemajuan balap skuter ini," kata Faris.

Baca Juga: Ini Hasil Lengkap Hasil Kejuaraan Balap Scooter Prix 2023

Salah satu tim balap asal Jawa Barat juga mengajukan keberatannya soal regulasi OMT tersebut. "Karena jenis bannya (radial), kalau mau riset bareng nanti, kami sangat terbuka lebar dan kasih feedback untuk ban tersebut. Kemarin kami sempat dihubungi untuk ikut meramaikan balap Scooterprix 2023, namun kami masih pertimbangkan," bebernya.

Apapun hasilnya, semoga jadi kebaikan untuk bersama ya, Sob!