Selamat Di Jalan, Ini Cara Bawa Motor Yang Baik Dan Benar

Selamat di Jalan, Ini Cara Bawa Motor yang Baik dan Benar AHM

KabarOto.com - Mengendarai kendaraan, dalam kasus ini khususnya roda 2, memang ada tekniknya. Tim Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) ingin berbagi tips kontrol gas dan rem, baik bagi pemula hingga pengendara yang sudah mahir.

Memahami peranan fitur standar keselamatan seperti lampu dan spion, merupakan prioritas agar dapat terhindar dari kecelakaan yang merugikan diri sendiri juga orang lain.

Naik ke langkah berikutnya yakni belajar tentang teknik berkendara. Pihak AHM bilang dapat dicoba menggunakan motor statis atau mesin dalam keadaan mati.

Tekan rem motor dalam keadaan mesin mati dengan posisi standar tengah, tutup putaran gas kemudian tekan rem dengan 4 jari agar mendapatkan pengereman yang maksimal. Ulang hal ini sebelum berlatih dengan kondisi mesin menyala.

AHM juga menyediakan alat simulasi berkendara seperti Honda Riding Trainer (HRT). Metode lainnya, dapat juga berlatih menjalankan sepeda motor dari titik A menuju titik B dengan didampingi instruktur berpengalaman.

Baca Juga: Bagaimana Cara Pilih Lampu LED Yang Baik?

Kontrol gas dapat dipraktekkan dengan memutar secara perlahan agar tenaga yang dikeluarkan dapat terkontrol dengan baik dan menutup putaran gas dengan cepat. Sebaliknya, jika terdapat tuas kopling tarik tuas kopling dengan cepat dan lepaskan secara perlahan.

Terdapat 3 tingkatan pelatihan. Koordinasi putaran gas, tuas rem/pedal rem dan tuas kopling. Lalu, mengerem dengan kecepatan lebih tinggi secara bertahap antara 30 kpj - 50 kpj. Kemudian jajal kecepatan 60 kpj dengan jarak berhenti 17-20 meter dari titik awal penarikan tuas rem.

Libas tikungan, lakukan pengereman secara perlahan sebelum memasuki area tikungan dan menikung dengan kecepatan konstan. Jangan mengurangi ataupun menambah bukan gas secara mendadak. Selain itu, pastikan posisi sepeda motor dan postur tubuh saat berkendara dalam kondisi seimbang, sehingga bisa menghindari risiko tergelincir.

“Perlu juga diperhatikan beberapa teknik berkendara lainnya seperti postur tubuh yang tepat, teknik menghadapi berbagai situasi jalan raya, dan mengenal rambu-rambu lalu lintas,” ujar Johanes Lucky, Manager Safety Riding AHM.