Selamat Di Musim Hujan, Pakai Ban Tipe Directional

Selamat di Musim Hujan, Pakai Ban Tipe Directional Foto: Kipli

KabarOto.com - Banyak yang menilai bahwa tekanan angin yang tepat adalah faktor utama keamanan serta kenyamanan berkendara. Memang benar, namun ada faktor lain seperti penggunaan motif atau kembang yang tepat pada tapak ban.

Menurut David Lesmana selaku pemilik bengkel Dunia Usaha Motor (DUM), selain tekanan angin yang tepat, penggunaan pattern atau kembang yang tepat pada tapak ban saat musim hujan tiba adalah langkah bijak dalam berkendara.

"Ada 3 jenis kembang atau motif yang diproduksi oleh produsen ban. Non-directional yang masuk dalam kategori universal, uni-directional dengan penyesuaian sisi luar dan dalam ban tiap melepasnya dari pelek dan directional yang hanya dapat dipasang sesuai petunjuk atau info pada unit ban tersebut," ujar pemilik bengkel di kawasan BSD, Tangerang Selatan tersebut.

Baca Juga: Ini 5 Tips Dasar Bikin Mobil Siap Hadapi Musim Hujan

Ia melanjutkan, tipe directional umumnya paling banyak dipilih karena pattern-nya mampu membuang air lebih cepat ketimbang 2 tipe lainnya. "Gunakan ban dengan tipe directional, karena tipe ban tersebut memiliki pattern atau kembang yang superior dalam mengatasi hydroplaning dengan cara membuang air lebih cepat dan optimal ketimbang tipe non-directional," jelasnya.

Tipe directional memiliki tanda ‘rotation’ di dinding ban yang berarti hanya dapat dipasang satu arah sedangkan non-directional tidak memiliki tanda tersebut dan dapat dipasang secara acak di empat bagian roda. Jadi lebih tahu kan, Sobat KabarOto?