Selesai Berkendara Motor Lakukan Ini Agar Terhindar Dari Covid-19

Selesai Berkendara Motor Lakukan Ini Agar Terhindar dari Covid-19 Setelah mengendarai motor, riding gear harus dicuci

KabarOto.com - Virus Corona atau Covid-19 menyebar begitu cepat. Tak tahu dari mana asalnya dan berada di mana. Agar terhindar dari virus itu, kita harus pandai melindungi diri dengan menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan kementerian Kesehatan. Selain menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker dan mencuci tangan, ada hal lain yang perlu diperhatikan oleh pengendara motor, khususnya setelah selesai selesai berkendara dan tiba di rumah.

Baca Juga: Perhatikan Ini Sebelum Mengendarai Motor Di Era New Normal

"Riding gear seperti helm, jaket, sarung tangan, kaus kaki, buff itu harus langsung dicuci," terang Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor, saat ngobrol virtual dengan media, Selasa (06/08).

Karena riding gear bisa terpapar debu dan kotoran bahkan virus yang bisa menempel sampai berjam-jam. "Jadi itu kan kotor, harus sering dicuci, setelah dipakai, kalau bisa tiap hari kalau memang sering pergi," terangnya.

Sepeda motor harus dicuci setelah dipakai. Karena menurut Lucky, motor bisa menjadi potensi terkontak langsung. "Sempatkan untuk mencuci motor, bersihkan bagian-bagian yang berpotensi terkontak langsung.

Setelah tiba di rumah, ebelum bertemu langsung dengan keluarga, segera mandi dan merendam baju yang sudah dipakai. Karena bisa saja virus menempel di baju dan celana, rambut bahkan di kulit.

"Setelah melakukan riding, sebaiknya mandi sebelum berinteraksi dengan keluarga," tambah Lucky lagi.

Istirahat yang cukup langkah selanjutnya setelah beraktivitas di luar rumah. Karena mengendarai motor membuat tubuh menjadi lelah, membutuhkan istirahat yang cukup agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: Tips Ala Instruktur Safety Riding Agar Selalu Prima Saat Mengendarai Motor

"Riding itu kan bikin lelah, jadi istirahat yang cukup, agar imun tubuh terjaga," tambahnya. Olahraga dan makanan yang sehat juga diperlukan, agar tetap fit dan terhindar dari virus.