POPULAR STORIES

Selimut Ban F1 Tetap Digunakan Hingga 2025

Selimut Ban F1 Tetap Digunakan Hingga 2025 Foto : F1.

KabarOto.com - Selimut ban Formula 1 akan tetap digunakan pada tahun 2024. Walau sejatinya Pirelli saat ini sedang mengembangkan ban yang cocok tanpa perlu gunakan selimut ban lagi.

Selimut ban menjadi salah satu agenda utama pertemuan Komisi F1 di Spa. Aturan 2024 membutuhkan pemungutan suara dan persetujuan untuk melakukan penghapusan pemakaian selimut ban.

Namun, seperti prototipe yang telah melakukan pengujian di Bahrain, Barcelona dan Silverstone, tim ingin melihat ban bekerja dengan jangkauan lebih luas, dan mempelajari bagaimana karakter ban.

Baca Juga : Ganti Girbok, Max Verstappen Terkena Penalti Grid Di F1 Belgia 2023

Masalahnya lain adalah musim 2025 juga dimulainya kesepakatan tender ban baru, dan belum dikonfirmasi apakah F1 akan lanjut bersama Pirelli, atau Bridgestone yang kembali.

Nantinya juga telah disepakati bahwa musim depan Pirelli akan memperkenalkan ban intermediate tanpa selimut. Setelah ban basah tanpa selimut digunakan pada musim ini.

Baca Juga : Hasil Kualifikasi F1 Belgia 2023, Charles Leclerc Pemimpin Balapan

Sekadar Informasi, selimut ban ini bertujuan untuk menjaga suhu maksimal pada ban bahkan sebelum memulai balapan. Agar ban memiliki traksi yang diinginkan, sebab jika ban berada di bawah suhu seharusnya, pembalap akan sulit mengendalikan mobil.