Selisih Harga Tipis, Ini Beda Motul GP Series Dan 5100

Selisih Harga Tipis, Ini Beda Motul GP Series dan 5100 Foto: Kipli

KabarOto.com - Motul mengklaim bahwa produknya kini memiliki lisensi khusus dari pihak Dorna. Artinya pelumas asal Prancis yang didirikan tahun 1853 ini jadi satu-satunya merek di Indonesia yang mempunyai produk berlisensi resmi dari MotoGP.

Pihaknya secara resmi mengumumkan hal tersebut seiring hadirnya Motul GP Power dan GP Matic yang diluncurkan Kamis kemarin, (6/2), oleh pihak Motul Indonesia di sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Namun jika ditelaah dari line-up produknya, varian oli hasil kerjasama dengan Dorna ini, justru bukan kasta tertinggi. Motul masih memiliki tipe 5100 yang harga pasarannya berkisar Rp 130 ribu, sedangkan Motul GP Power dan GP Matic dibanderol Rp 90 ribu.

Managing Director Motul Indonesia, Carlo Savoca menjelaskan Motul GP dengan 5100 punya sedikit perbedaan. "Motul GP Power atau GP Matic sebenarnya tidak beda jauh dengan Motul 5100, yang membedakan hanya bahan dasarnya, Motul 5100 itu oli semi sintetik yang mengandung Ester," ujar Carlo.

Baca Juga: Dijual Rp90 Ribu, Motul Luncurkan 2 Pelumas Baru Untuk Sepeda Motor

Menurutnya, Ester sendiri adalah kandungan yang dapat menjamin parts anti aus yang dapat meningkatkan perlindungan mesin, serta daya tahan lebih pada oli itu sendiri.

"Motul GP Power dan Matic adalah oli untuk berkendara harian yang terjangkau dari segi harga, namun memberikan performa tinggi meberikan perlindungan mesin. Produk ini juga menjangkau masyarakat dengan motor yang 'umum'. Jadi bukan motor gede saja seperti Royal Enfield atau MV Agusta," jelas Carlo.

Bagi yang menginginkan performa tinggi untuk motor yang terbilang premium, pihak Motul menyarankan agar menggunakan tipe 5100. Berdasarkan grade API yang ada di kemasan oli, Motul 5100 sudah API SM, yang artinya lebih tinggi kualitasnya dibanding Motul GP yang masih memakai API SL.