POPULAR STORIES

Selundupkan Harley-Davidson, Dirut Garuda Indonesia Dipecat!

Selundupkan Harley-Davidson, Dirut Garuda Indonesia Dipecat! Istimewa

KabarOto.com - Erick Thohir selaku Menteri BUMN memberhentikan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra karena menyelundupkan komponen Harley-Davidson yang disinyalir mencapai Rp 800 juta. Diakuinya, keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan hasil pemeriksaan Komite Audit.

"Saya sebagai Menteri BUMN akan memberhentikan Dirut Garuda," ujar Erick, Kamis (5/12). Berdasarkan audit komite, Erick mengungkapkan pembelian komponen Harley-Davidson merupakan pesanan sang Dirut yang kerap disebut Ari Ashkara itu melalui pegawainya. Ari memerintah untuk mencarikan sepeda motor Harley-Davidson sejak 2018 lalu.

Tahap transaksi pembelian dilakukan pada April 2019 melalui rekening pribadi bagian keuangan Garuda di Amsterdam. Hingga akhirnya motor dibawa ke Indonesia atas nama salah satu pegawainya yang berinisial SAS pada penerbangan Garuda Indonesia menggunakan pesawat Airbus A330-900 pada 17 November 2019 lalu.

Baca Juga: Setiap Pembelian BMW Seri 7, Akan Mendapat Ratusan Ribu Poin GarudaMiles

Selanjutnya, proses pemberhentian Ari akan mengikuti prosedur perusahaan terbuka. "Tidak tahu secepat apa (prosesnya), tapi langsung menunjuk pelaksana tugas (Plt). Saya harapkan individu yang terlibat mengundurkan diri daripada pencopotan tidak hormat karena itu hukum yang tidak enak dalam bermasyarakat," ujar Erick.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyatakan telah melakukan pemeriksaan atas impor komponen motor Harley-Davidson bekas dan dua buah Sepeda Brompton yang diduga dilakukan secara ilegal. Komponen motor dan sepeda tersebut dibawa masuk ke Indonesia melalui pesawat Airbus A330-900.

Baca juga: Erick Thohir Copot Dirut Garuda Indonesia

Pesawat tersebut baru dan merupakan pesanan dari Garuda Indonesia. Kasubdit Humas Bea Cukai Deni Surjantoro mengatakan pesawat tersebut mendarat di Garuda Maintenance Facilities (GMF) pada 17 November lalu. (Sumber: merahputih.com)