POPULAR STORIES

Seperti Ini Aksi Cinta Lingkungan Hidup Ratusan Biker Moge

Seperti Ini Aksi Cinta Lingkungan Hidup Ratusan Biker Moge Acara ini diikuti oleh sekitar 400 biker yang berasal dari berbagai daerah seperti DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Yogyakarta, Depok, dan lain-lain. (Foto: Eki Razaki)

Pemandangan ratusan biker membersihkan area umum dari sampah tentu sangat menyolok. Itulah yang terjadi di Pantai Pangandaran (17-18/9) lalu. Para biker datang dengan menggunakan motor besar berkubikasi lebih dari 400cc baik dari merek Harley Davidson, Moto Guzzi, BMW, Ducati, Honda, Yamaha, dan lain-lain, ke area wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Yuk tengok bagaimanakah aksi cinta lingkungan hidup motor gede, Motor Besar Club (MBC) Indonesia.

Acara ini diikuti oleh sekitar 400 biker yang berasal dari berbagai daerah seperti DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Yogyakarta, Depok, dan lain-lain. Kegiatan bertajuk family gathering ini adalah acara rutin MBC yang dilakukan setiap enam bulan.

“Biker sering melakukan perjalanan touring ke berbagai daerah di Indonesia. Kami menikmati setiap daerah itu, semua memiliki potensi wisata masing-masing. Jadi sangat masuk akal kalau kami ingin ikut menjaga lingkungan daerah yang kami datangi, termasuk Pangandaran yang sering sekali kami kunjungi,” kata Irianto Ibrahim, Sekretaris Jenderal MBC Indonesia.

Para biker MBC dengan ditemani keluarga membersihkan sampah dari area pantai pada pagi 17 September 2016. Selanjutnya di tempat yang sama, MBC dan keluarga melakukan kegiatan bersama untuk mempererat tali persaudaraan di antara sesama anggota MBC seperti dengan permainan lomba tarik tambang, pasir botol hingga polo air di Pantai Pangandaran. Irianto berterima kasih kepada semua warga dan anggota MBC untuk kelancaran acara ini. Berbagai kegiatan ini juga menunjukkan keinginan para biker untuk dekat dengan masyarakat, “Kami, kan masyarakat biasa. Inilah kami yang sesungguhnya, penuh canda dan akrab satu sama lain,” ungkap Ayi Suprayitna, dari MBC Bandung yang juga merupakan Panitia acara Family Gathering MBC kali ini.

Kemudian rombongan MBC pun melakukan wisata di seputar daerah Pantai Pangandaran. Acara ditutup dengan melakukan bakti sosial yang ditujukan untuk membantu dua Mesjid, serta berbagi dengan 50 orang anak yatim.

Seluk Beluk Motor Besar Club (MBC)

MBC merupakan salah satu klub motor besar dengan anggota terbanyak di Indonesia. Klub yang diawali dengan nama Monas Biker Club ini mulai berkegiatan pada tahun 1995. Monas Bikers Club muncul karena sering berkumpulnya para pencinta motor besar di area Monas untuk berbagi tentang motor besar. Beberapa nama seperti H. Dyan Dilato, Rohman, Asep, H. Fauzi, dan Budi merupakan beberapa di antara pencetus klub motor besar ini. Saat itu belum banyak klub motor besar yang berdiri, baru setelah tahun 1998, nama Monas Bikers Club berubah menjadi Motor Besar Club atau disingkat MBC yang menaungi para pencinta motor besar yang berkubikasi lebih dari 400 cc tanpa memandang merek motor, bahkan cukup banyak biker MBC yang sering menggunakan motor kustom milik mereka.

Hingga saat ini, MBC memiliki 21 area Pengurus Wilayah atau Daerah yaitu MBC DKI Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok, Karawang, Kabupaten Bekasi, Bandung, Cianjur, Cirebon, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Pontianak, Lampung, Palembang, Jambi, Banten, Kalteng, Pekan Baru hingga Brunei dan Sarawak (Malaysia). Jumlah anggota MBC sendiri telah mencapai angka ribuan orang. Saat ini MBC dipimpin Presidennya, Rudy Susanto, dengan Sekretaris Jenderal Irianto Ibrahim. Kepengurusan kali ini adalah periode kepemimpinan tahun 2015-2018. MBC dikenal sebagai klub yang bersemangat, senang bermasyarakat dan solid, serta memiliki ‘hobi’ lain yaitu berbagi dalam kegiatan bakti sosial.

Baca Juga: