Serba-Serbi Merawat Reflektor Lampu Kendaraan

Serba-Serbi Merawat Reflektor Lampu Kendaraan

KabarOto.com - Semakin menuanya usia kendaraan, umumnya dapat membuat kualitas lampu jadi terlihat kusam hingga cenderung menguning. Pastinya, kualitas cahaya yang keluar dari head lamp menjadi tidak maksimal lagi.

Merawat reflektor lampu sangatlah mudah dan bisa bersihkan sendiri di rumah. Dengan begitu, maka sistem pencahayaan mobil kembali bersih. “Menyiapkan perlengkapan, proses pembersihan, menghilangkan bekas baret hingga menentukan bohlam lampu yang dipakai agar kualitas cahaya lampu mobil tetap maksimal,” jelas Roni Agung selaku Workshop Head Body & Paint Astra International Peugeot.

Saat berkendara di malam hari atau hujan, kondisi lampu mobil kusam, hal itu akan mengakibatkan sinar lampu yang terpancar menjadi kurang maksimal. Efeknya, jalanan yang anda lihat akan kurang jelas.

Baca juga: Perawatan 5 Peugeot Lawas Ini Dapat Diskon 25 Persen Di Bengkel Resmi

Perubahan warna pada mika lampu mobil bisa jadi disebabkan oleh karena panas yang muncul dari bohlam lampu. Terutama bila pemilik kendaraan salah ketika memasang bohlam dengan Watt yang lebih besar dari spesifikasi standar. Temperatur panas berlebihan dari bohlam tersebut yang kemudian menyebabkan mika lampu berubah menjadi kekuningan.

“Gunakan bohlam lampu dengan daya yang sesuai dengan standarnya. Jika daya lebih tinggi, bohlam akan hasilkan panas yang berlebih dan dapat mengakibatkan lampu mobil anda berubah menjadi kuning. Aki pun tidak akan bertahan lama karena bekerja keras,” lanjutnya.

Faktor lain seperti faktor usia lampu, faktor cuaca, jamur kaca, goresan pada mika lampu hingga faktor pemakaian. Juga merupakan salah satu penyebab menurunnya kualitas atau performa lampu mobil Sobat. Maka dari itu selalu perhatikan karet penutup Bohlam. Sebab tanpa disadari, kadang-kadang karet penutup bohlam ini biasanya suka robek atau getas.

Baca juga: Simak Tips Rawat Kaca Film Untuk Mobil Kesayangan

Reflektor cepat menguning juga dapat dipengaruhi lubang sirkulasi udara mampat, seal penutup mika rusak, robek atau getas. Maka air dapat dengan mudah masuk ke rumah lampu, begitupun debu atau kotoran. Jika alami hal ini, segeralah ganti atau merapikan seal agar tidak ada celah untuk kemasukan air ataupun debu.

Tak kalah peting adalah membiasakan parkir di tempat teduh untuk hindari sinar ultraviolet (sinar UV) langsung. Selain itu, upayakan selalu mencuci bagian kaca luar head lamp terutama saat habis turun hujan.