POPULAR STORIES

Seri Terakhir F1, Kondisi Cuaca Dan Pilihan Kompon Ban Di Abu Dhabi

Seri Terakhir F1, Kondisi Cuaca dan Pilihan Kompon Ban di Abu Dhabi

KabarOto.com – Seri terakhir musim ini akan segera dilaksanakan di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Serunya balapan ini bakal menentukan hasil dari juara dunia 2021 dan konstruktor.

Max Verstappen (Red Bull Racing) yang berusaha meraih gelar pertamanya, dan Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) mengincar titel juara dunia F1 kedelapannya, dan melewati rekor legenda F1 Michael Schumacher (7 kali juara dunia).

Sementara itu dikelas konstruktor, Red Bull Racing juga masih sangat berpotensi menyalip titel konstruktor dari Mercedes-AMG Petronas, karena poin mereka terpaut 28 poin.

Baca juga: Setelah 4 Dekade, Sejarah Rivalitas F1 Terulang Lagi

Sirkuit Yas Marina juga hadir dengan tampilan baru, kemudian para pembalap akan menerima kompon paling lembut di jajaran Pirelli yakni dua set C3 ban keras, tiga set C4 ban sedang dan delapan set C5 ban lunak.

Kepala F1 Pirelli dan Balap Mobil, Mario Isola mengatakan. “Ini akan menjadi pertama kalinya kami menghadapi konfigurasi baru, termasuk beberapa area dengan aspal baru, tetapi kami telah dapat mengandalkan simulasi dan informasi lain sebelumnya untuk mempersiapkan.”

Spesifikasi juga sudah ditentukan, bahwa tekanan awal minimum ban adalah 21,5 psi depan, 20,0 psi belakang. Sementara batas camber EOS -3.50° depan, dan -2.00 ° belakang.

Baca juga: Jadwal F1 Abu Dhabi 2021, Penentuan Juara Dunia 2021

Secara umum, ubahan di Yas Marina membuat terciptanya beberapa tikungan yang lebih cepat, dengan lebih banyak peluang untuk menyalip. Hasil dari perubahan ini adalah beban vertikal yang lebih besar, terutama pada ban depan.

Lalu prakiraan cuaca di Grand Prix Abu Dhabi 2021 juga nampaknya baik, hampir tidak ada potensi hujan yang dapat mengganggu jalannya balapan :

Jumat, 10 Desember – FP1 dan FP2

Kondisi: Sebagian besar cerah dengan sedikit awan.

Suhu maksimum yang diharapkan: 26 Celcius

Suhu minimum yang diharapkan 20 Celcius

Peluang hujan: 0%

Sabtu, 11 Desember – FP3 dan Kualifikasi

Kondisi: Mendung sebagian namun kering. Suhu udara maksimum 26°C.

Suhu maksimum yang diharapkan: 26 Celcius

Suhu minimum yang diharapkan 22 Celcius

Peluang hujan: <20%

Minggu, 12 Desember – Race

Kondisi: Mendung sebagian tetapi diperkirakan akan kering.

Suhu maksimum yang diharapkan: 26 Celcius

Suhu minimum yang diharapkan 22 Celcius

Peluang hujan: 0%