POPULAR STORIES

Sering Disebut, Rupanya Begini Sejarah I-cockpit Pada Mobil Peugeot Modern

Sering Disebut, Rupanya Begini Sejarah i-cockpit Pada Mobil Peugeot Modern i-cockpit Peugeot

KabarOto.com - Peugeot i-Cockpit memang jadi ciri khas pabrikan asal Prancis tersebut. Setidaknya lebih dari 10 tahun, Peugeot berevolusi pada posisi mengemudi.

Sejak itu, hampir 10 juta unit telah diproduksi dan i-Cockpit® telah diperluas ke seluruh line up Peugeot.

Pihaknya meyakini, keunggulannya telah terbukti dalam meningkatkan emosi, keselamatan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Konsep i-Cockpit® dibuat dengan tiga elemen dasarnya, diantaranya steering wheel yang ringkas, untuk rasa berkendara yang lebih baik dan pengendalian optimal. Instrument cluster display dengan posisi yang nyaman, memungkinkan pengemudi untuk melihat semua informasi terkait mengemudi sambil tetap memperhatikan jalan. dan layar touchscreen mudah dijangkau dan dilihat, yang memungkinkan pengemudi mengatur fungsi utama mobil.

Cerita dimulai pada tahun 2010 dengan presentasi mobil konsep SR1 di Geneva Motor Show, coupé-cabriolet yang memamerkan beberapa ide. Ini termasuk posisi mengemudi tersebut.

Pada saat itu, tim Peugeot ingin mengembangkan kursi pengemudi agar lebih nyaman, ergonomis, dan aman. Sebelumnya, di dalam mobil, setir berukuran besar dan informasi di layar terbaca melalui setir.

Baca Juga: Program Astra Peugeot Mudahkan Konsumen Miliki Mobil Jelang Lebaran 2023

Alasan di balik ini adalah terganggunya peletakan layar dan setir saat berkendara. Menurut mereka, posisi terbaik untuk membaca informasi adalah setinggi mata. Posisi baru ini, digabungkan dengan setir yang lebih kecil, menciptakan system serta tampilan yang baru dikenal sebagai "head-up display".

Layar sentuh ditambahkan, yang membuat semua kontrol lebih sederhana dan menambahkan konektivitas. Ini adalah awal dari layar sentuh untuk Peugeot. Pada tahun 2012, generasi pertama Peugeot 208 dengan memperkenalkan i-Cockpit® sebagai standar.

Pada tahun 2016, generasi kedua Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 meluncurkan versi dengan layar digital 12,3 inci yang dapat disesuaikan dan dipersonalisasi, sementara sakelar sakelar ditempatkan di bawah layar sentuh tengah untuk mempermudah akses ke fungsi-fungsi penting.

Baca Juga: Peugeot Gunakan Cetakan 3D Untuk Varian 308

kemungkinan desain i-cockpit generasi selanjutnya

Pada tahun 2019, Peugeot 208 generasi kedua memperkenalkan cluster digital 3D. Peugeot i-Cockpit selangkah lebih maju pada Peugeot 308 (2021) dan 408 (2022) baru dengan diperkenalkannya sistem infotainment i-Connect® baru.

Roda kemudi baru yang mampu mendeteksi keberadaan tangan pengemudi saat menggunakan alat bantu mengemudi dan i-toggle sensitif sentuhan yang dapat dikonfigurasi untuk penyejuk udara, kontak telepon, stasiun radio, dan pengaturan peluncuran aplikasi.

"Kami tahu satu hal yang pasti, i- Cockpit® memiliki masa depan yang cerah," ujar Bertrand Rapatel, Direktur Desain Interior Peugeot.

Pihanya pun memperkenalkan hypersquare, sebuah kontrol kemudi baru, dihadirkan di tablet dan perangkat pintar yang kemungkinan akan menjadi i-cockpit generasi selanjutnya.