Setelah 2 Tahun, Toyota Akhirnya Kuasai Balap 24 Hours Of Le Mans

Setelah 2 Tahun, Toyota Akhirnya Kuasai Balap 24 Hours of Le Mans Toyota juga menempati podium juara 2 melalui pembalap Mike Conway, Kamui Kobayashi, dan Jose Maria Lopez (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Setelah 2 kali gagal, Toyota akhirnya berhasil menjuarai ajang balap bergengsi 24 Hours of Le Mans yang berlangsung pada 16-17 Juni 2018 di Circuit de la Sarthe, Le Mans, Prancis. Mengandalkan Toyota TS050 Hybrid nomer 8, Toyota finish pertama melalui pembalapnya Fernando Alonso, Sebastien Buemi, dan Kazuki Nakajima yang terdaftar sebagai tim Toyota Gazoo Racing.

Toyota telah mengikuti ajang 24 Hours of Le Mans sejak tahun 2016 lalu. Di tahun pertamanya, Toyota berhasil memimpin balapan hampir 24 jam, namun harus menyerah di menit-menit terakhir sebelum finish.

Di tahun keduanya (2017), Toyota kembali harus mengakui kekalahannya. Untuk tahun 2018 ini, Toyota menjadi satu-satunya tim yang didukung pabrikan di kelas LMP1.

Baca Juga: 7 Tahun Vakum, BMW Kembali Cicipi Balap Le Mans

Selain itu, Toyota juga menempati podium juara 2 melalui pembalap Mike Conway, Kamui Kobayashi, dan Jose Maria Lopez. Sementara juara 3 ditempati oleh Rebellion Racing yang dipiloti oleh Thomas Laurent, Gustavo Menezes, dan Mathias Beche.

Kemenangan Toyota juga membuat Fernando Alonso semakin dekat dengan gelar bergengsi Triple Crown. Syarat gelar ini adalah memenangi ajang balap Monaco Grand Prix, 24 Hours of Le Mans, dan Indianapolis 500. Sementara pembalap asal Spanyol yang sudah 2 kali juara dunia Formula 1 tersebut cukup menjuarai ajang balap Indianapolis 500 untuk meraih gelar tersebut.