POPULAR STORIES

Setelah Bandung, Kota Ini Akan Operasikan Bus Universal

Setelah Bandung, Kota Ini akan Operasikan Bus Universal Bus Universal (Ayobdg)

KabarOto.com - Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, baru saja meresmikan bus yang menerapkan desain universal, sehingga ramah untuk difabel, penumpang lanjut usia, ibu hamil, dan anak-anak.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut mengatakan, layanan bus universal ramah penyandang disabilitas dengan rute Dipatiukur - Jatinangor, Bandung, ini masih dalam masa uji coba selama sebulan ke depan.

Baca Juga: Galeri Foto Bus Mercedes-Benz OH 1626 Avante H8

Rencananya, bus ramah semua orang ini juga akan hadir di sejumlah daerah metropolitan seperti Kota Depok, Kota Bogor, Cirebon, dan Bandung Raya. Menurut Kang Emil, pengadaan bus secara massif akan dianggarkan pada tahun 2021.

"Nanti kita anggarkan pada tahun 2021 baik hibah dari Pemda Provinsi kepada daerah metropolitan, di antaranya Bandung Raya, Bogor, Depok, Bekasi dan Cirebon.

Akses yang mudah untuk disabilitas

Anggaran pengadaan bus tersebut ungkap Emil berasal dari provinsi, kota, dan juga hibah dari pusat. "Mungkin kita bisa membeli 5 sampai 20 unit," katanya, hari Rabu kemarin (11/3).

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan peluncuran bus universal ini, bisa menjadikan angkutan umum menjadi pilihan utama masyarakat.

Akan ditambah beberapa kota lain

Sementara Aden Achmad salah seorang disabilitas, yang turut ikut dalam uji coba bus mengaku senang karena bus tersebut mewakili kebutuhan dari komunitas tunanetra, tunarungu dan tunadaksa.

"Dari dulu cita-cita kami adalah mendapatkan hak pelayanan semua kaum disabilitas dalam hal transportasi," kata Aden.

Baca Juga: Virus Corona Menyebar, Anies Tunda Balap Formula E Di Monas

Menurutnya, keberadaan bus tersebut sangat penting untuk menunjang kemandirian kaum difabel seperti bekerja, sekolah dan aktivitas lainnya.

"Harapan kami bus ini diperbanyak untuk memenuhi berbagai rute agar kami tidak perlu menggunakan angkutan pribadi karena harus memodifikasi yang menghabiskan biaya jutaan," ucapnya.