POPULAR STORIES

Siap-siap, Mobil Konsep BMW X7 Diproduksi Tahun Depan

Siap-siap, Mobil Konsep BMW X7 Diproduksi Tahun Depan BMW X7 (ist)

KabarOto.com - BMW telah memperkenalkan sebuah mobil konsep X7 iPerformance di berbagai negara. Termasuk Indonesia dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada Agustus lalu. Kini BMW berencana mewujudkan X7 tersebut ke dalam versi produksi.

Nantinya, sport activity vehicle (SAV) ini akan memiliki susunan kursi hingga 3 baris. Sehingga akan menjadi lawan tangguh bagi mobil sejenis buatan Mercedes-Benz, yakni GLS.

BMW X7 memiliki dimensi panjang 5.151 mm, lebar 2.000 mm dan tinggi 1.805 mm. Mobil ini terlihat jauh lebih besar dari G05 X5 terbaru dengan 229 mm lebih panjang dan 60 mm lebih tinggi. Keuntungan

panjang pada X7, juga menghasilkan wheelbase yang lebih besar 3.105 mm dibandingkan dengan X5 2.975 mm.

Bagian samping

Ketika diparkir di sebelah saingan terdekatnya, GLS, X7 juga akan nampak lebih besar. Karena X7 lebih panjang 21 mm, dan lebih lebar 66 mm. Namun untuk urusan tingi, GLS menang. Dia punya ukuran 45 mm lebih tinggi.

Desain eksterior X7 terlihat gagah dan mewah. Tak beda jauh dengan versi konsepnya. Di bagian depan, BMW memasang kidney grile yang menjadi ciri khasnya dengan ukuran yang cukup besar. Bahkan rasanya, ukuran gril tersebut merupakan yang terbesar yang pernah dipasang pada mobil buatan BMW.

Baca Juga: Profil - Nissan X-Trail

Grile tersebut tampak terlihat serasi dengan diapit sepasang lampu depan, yang disainnya ramping berteknologi LED. lampu tersebut juga terlihat mewah saat menyala, karena terdapat elemen-elemen berbentuk "X" biru di dalamnya.

Di sepanjang bagian samping, terdapat garis tegas yang menonjol. Selain membuatnya makin berkerakter, garis bodi tersebut rupanya juga bertujuan untuk meningkatkan fungsi aerodinamika, sehingga dapat mengarahkan angin ke bagian belakang mobil.

Pintu belakang

Lalu di bagian belakang X7, terdapat lampu belakang dengan aksen, yang mirip dengan milik BMW G12 7 Series. Selain itu, terdapat pintu bagasi yang terbagi dalam dua bagian (split tailgate), yang dapat dibuka atau ditutup secara elektronik.

Pindah ke dalam, pada dasbor terdapat BMW Live Cockpit Professional, dengan dua layar berukuran 12,3 inci. Masing-masing layar memiliki fungsi yang berbeda. Yang pertama berfungsi sebagai kluster instrumen digital dan yang satunya lagi untuk sistem infotainment iDrive mobil.

Sistem infotaimentnya sendiri juga dirancang secara khusus, agar dapat memanjakan penumpang. Untuk itu, BMW menggunakan tata suara dari Bowers & Wilkins Diamond Surround Sound System opsional dengan total 20 speaker dan amplifier 1.500 watt.

Bagian interior

Saat peluncuran, X7 akan ditawarkan dengan dua varian, bensin dan diesel. Yang pertama adalah X7 xDrive40i, dipersenjatai dengan mesin 3.0 liter turbocharged in-line enam silinder, yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 335 dk dari 5.500 rpm sampai dengan 6.500 rpm dan torsi 420 Nm dari 1.500 hingga 5.200 rpm.

Dengan menggunakan mesin ini, BMW X7 dapat melakukan akselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 6,1 detik. Bila pedal gas terus diinjak, X7 dapat mencapai kecepatan tertinggi 245 kpj.

Selanjutnya mesin diesel, yang akan digunakan oleh X7 xDrive30d. Mesin tersebut memiliki kapasitas 3.0 liter turbodiesel enam silinder segaris. Mesin peminum solar tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 261 dk pada 4.000 rpm dan torsi sebesar 620 Nm pada 2.500 rpm. Dengan mesin diesel tersebut, X7 dapat melakukan akselerasi dari 0-100 kpj dalam 7 detik dan kecepatan tertinggi 227 kpj.

Rencananya, X7 baru ini akan dibangun di Pabrik BMW Spartanburg di South Carolina di Amerika Serikat, dengan peluncuran pasar di seluruh dunia dijadwalkan akan dimulai pada Maret 2019.