SF90 Stradale Awal Era Baru Bagi Ferrari

SF90 Stradale Awal Era Baru Bagi Ferrari Foto: Netcarshow

KabarOto.com - Ferrari telah memperkenalkan SF90 Stradale, ini merupakan supercar produksi pertama yang menggendong teknologi PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Kehadiran SF90 Stradale mengukuhkan Ferrari sebagai produsen supercar terkemuka dunia, yang terus meng-update teknologi terbaru dan modern pada mobil-mobil keluaran terbarunya.

Ferrari SF90 Stradale seperti halnya dengan LaFerrari, yang mengandalkan teknologi hybrid. Tapi tidak seperti pendahulunya (LaFerrari), SF90 mengemas mesin bensin berkapasitas yang lebih kecil, namun menggendong 3 motor listrik yang bertenaga baterai lithuium-ion.

Baca juga: Inilah Video Penampakan Ferrari SF90 Stradale

Sejatinya, SF90 Stradale mengandalkan mesin V8 4.0 liter yang menggunakan teknologi turbo, mesinnya sanggup memuntahkan tenaga meksimal sebesar 769 dk dan torsi sebesar 800 Nm. Dan ini menjadi kan sebagai Ferrari bermesin V8 paling kuat saat ini. Sementara transmisinya menggunakan model otomatis, dengan 8 percepatan.

Selanjutnya terdapat 3 motor listrik yang penempatannya 1 unit di depan, dan 2 unit di belakang. Penempatan motor listrik ini menggunakan turunan teknologi aplikasi dari Formula 1 yang dikenal sebagai MGUK (Motor Generator Unit, Kinetic).

Motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 217 dk, menjadikan SF90 Stradale ini memiliki total tenaga maksimalnya sebesar 986 dk. Sistem canggih ini tidak membuat pengalaman berkendara yang lebih rumit. Justru sebaliknya, pada kenyataannya: pengemudi hanya harus memilih salah satu dari empat mode unit daya, dan kemudian hanya berkonsentrasi pada mengemudi. Logika kontrol yang canggih menangani sisanya, mengatur aliran daya antara V8, motor listrik dan baterai.

Baca juga: Ssst... Tahun Ini Bakal Ada Model Anyar Ferrari Masuk Indonesia Lagi

Untuk semua teknologi canggihnya, SF90 Stradale memiliki bobot hanya 1,570 kilogram. Itu kira-kira 13 kilogram lebih ringan dari LaFerrari.

Sejalan dengan styling kabin baru Ferrari, terinspirasi F1 pada bagian roda kemudi terdapat tombol yang dapat mengatur mode mengemudi yang berbeda, yakni eDrive, Hybrid , Performance, dan Qualify. Dua yang pertama, seperti namanya, memanfaatkan daya baterai. Mode eDrive yang berorientasi efisiensi mematikan sepenuhnya V8 dan hanya mengandalkan motor listrik.

Untuk anda yang menginginkan performa maksimal SF90 Stradale dapat menggunakan mode mengemudi Performance dan Qualify. Anda bisa merasakan sensasi berkendara maksimal dengan mobil yang berpenggerak empat roda ini (AWD).

Hingga saat ini KabarOto belum dapat memastikan kapan mobil ini akan dijual dan berapa unit yang akan dibuat. Kita nantikan saja perkembangan selanjutnya dari Ferrari SF90 Stradale.