POPULAR STORIES

Shelby Cobra 427 Kit Car Ini Memakai Basis Toyota Crown

Shelby Cobra 427 Kit Car Ini Memakai Basis Toyota Crown Dok : KabarOto.com

KabarOto.com - Pernah melihat mobil Shelby Cobra di video clip Maroon 5 berjudul 'Payphone'? Ternyata mobil ini ada di Indonesia lho. Namun, ada beberapa fakta menarik di balik mobil ikonik itu. Salah satunya adalah Shelby Cobra ini dibangun menggunakan basis Toyota Crown tahun 1997.

Toyota Crown dipilih karena memiliki sasi ladder frame dan penggerak roda belakang sesuai aslinya.

Baca Juga : Estrema Fulminea Siap Pecahkan Rekor Putaran Di Nurburgring

Mobil ini bukan mobil yang didatangkan langsung secara utuh dari Amerika Serikat ke Indonesia. Melainkan mobil kit car, sehingga bisa dirakit di Tanah Air oleh 863 Garage yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah.

Walau bukan V8, mobil ini dibekali mesin bertenaga bawaan Crown yakni 2JZ GE 6 silinder 3.000 cc, bertenaga sekitar 230 dk dan torsi maksimal 283 Nm. Disambung ke transmisi manual 5 percepatan ke roda belakang.

Untuk eksteriornya, sang owner memilih tipe racing dibalur warna Cobalt Blue berikut stripping balap, dan bodinya semua terbuat dari fiber 5 lapis sehingga lebih kuat, namun tetap ringan. Lalu untuk bagian pelengkap misalnya headlamp, stoplamp, lampu sein itu semua halogen, dan didatangkan langsung dari Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, aksesori lainnya pun hampir semuanya diimpor dari Amerika Serikat, seperti spion, tutup tangki bensin, hingga roll bar. Namun bagian kaca bahkan sun visor dibuat kustom lokal. Serta setiap fungsi dipikirkan detail bahkan wiper Mercedes-Benz, dan nozzle air menggunakan kepunyaan MINI.

Lalu di bagian samping, peleknya model klasik palang 5 diambil dari Chevrolet Camaro ukuran 15 inci, dibalut ban BFGoodrich ukuran 215/65 R15. Sementara knalpot dibuat kustom lokal, ukurannya besar dengan konfigurasi dual muffler masing-masing 3 silinder.

Baca Juga : BMW Akan Hadirkan Booth Unik Di Tokyo Auto Salon 2023

Di bagian interior juga sudah disesuaikan dengan postur sang owner, dengan model jok 1:1 orisinalnya dilengkapi seatbelt 4 titik warna biru. Lalu ada desain dasbor berikut pengukur analog, hingga detail bordiran tanda tangan Carroll Shelby di bagian depan sisi penumpang.

Soal harga, banderol untuk membangun mobil ini modalnya kurang dari Rp 2 miliaran lho, bagaimana menarik bukan?