POPULAR STORIES

Shell Eco-marathon Asia Pasifik Dan Timur Tengah 2023 Resmi Dimulai

Shell Eco-marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023 Resmi Dimulai Shell Eco-marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023 Resmi Dimulai (Shell)

KabarOto.com - Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023, resmi dimulai. Kompetisi ini kembali digelar di Indonesia untuk kedua kalinya secara berturut-turut, namun kali ini sebagai ajang regional dengan skala yang lebih besar.

Lebih dari 70 tim pelajar dari 13 negara di Asia dan Timur Tengah, termasuk Cina, Malaysia, Qatar, Thailand, dan Vietnam, siap berkompetisi di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia (04-09/07).

Indonesia sebagai tuan rumah mengirim lebih dari 40 tim pelajar, terbanyak dari negara-negara lain. Tahun ini, kompetisi tahunan ini kembali untuk pertama kalinya sejak pandemi, sebagai ajang regional, sehingga membuka peluang besar kepada lebih banyak lagi tim pelajar untuk ikut bersaing.

Baca Juga: Shell Eco-Marathon 2023 Mandalika Jadikan Indonesia Tuan Rumah Dan Peserta Terbanyak

Kompetisi jarak tempuh regional Shell Eco-marathon bertujuan untuk menantang tim-tim yang berpengalaman, untuk menembus batas-batas baru serta mendorong inovasi dan pendekatan baru untuk mencapai efisiensi energi.

Selama Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023, para pelajar akan berkompetisi dengan kendaraan ultra-efisien yang mereka rancang dan bangun sendiri dalam dua kategori: Prototype dan Urban Concept, untuk menempuh jarak terjauh dengan penggunaan bahan bakar yang paling efisien.

Kategori Prototype ditujukan untuk kendaraan ultra-efisien, ringan, yang umumnya memiliki tiga roda dan dirancang untuk mengurangi resistensi dan memaksimalkan efisiensi.

Sedangkan kategori Urban Concept difokuskan pada efisiensi energi dalam desain kendaraan roda empat, layaknya mobil penumpang konvensional yang dirancang untuk penggunaan di jalan raya.

Baca Juga: Shell Eco-Marathon Perdana Digelar Di Indonesia

Peserta kemudian harus memilih salah satu dari tiga jenis sumber tenaga, yakni baterai listrik, bahan bakar sel hidrogen, dan mesin pembakaran internal atau internal combustion engine (bensin, etanol, dan/atau diesel).

Sean Winnett, Vice President Corporate Relations Asia-Pasifik Shell, mengatakan, “Kami percaya bahwa dengan tekad dan kerja keras, para pelajar dapat menorehkan prestasi yang luar biasa bagi negara mereka.”

Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 juga menghadirkan berbagai rangkaian acara lainnya, termasuk Shell LiveWIRE, sebuah program pengembangan perusahaan yang mempromosikan kewirausahaan, dan Shell NXplorers.

Sebuah program edukasi inovatif yang memperkenalkan generasi muda pada kemampuan berpikir yang kompleks dan kreatif, untuk mempersiapkan mereka menjadi agen perubahan yang positif.