POPULAR STORIES

Shell Eco-Marathon Perdana Digelar Di Indonesia

Shell Eco-Marathon Perdana Digelar di Indonesia Peserta Shell Eco Marathon (Foto: Shell)

KabarOto.com - Shell Eco-marathon (SEM) dimulai dan diselenggarakan di Indonesia untuk pertama kalinya tahun ini. Lebih dari 40 tim mahasiswa dari sembilan negara di Asia, bersaing untuk merancang, membangun, menguji dan mengendarai mobil ramah lingkungan.

Shell Eco-marathon akan digelar pada 11-15 Oktober 2022, di Pertamina Mandalika International Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kendaraan yang bersaing harus melewati pemeriksaan teknis terperinci, sebelum dapat masuk ke lintasan untuk melihat seberapa jauh mereka dapat melaju, dengan jumlah bahan bakar paling sedikit.

Baca Juga: Harumkan Nama Indonesia, Mahasiswa Universitas Brawijaya Menjuarai Spirit Of Shell Eco-marathon

Para pelajar dari kawasan Asia, seperti Indonesia, India, Singapura, Vietnam, Filipina, Nepal, Kazakhstan, Malaysia dan Korea Selatan akan bersaing dalam dua kategori kelas kendaraan, yakni Prototipe dan Urban Concept. Kategori Prototype berfokus pada desain kendaraan ultra-efisien dan ringan, umumnya dengan tiga roda.

Kategori Urban Concept berfokus pada rancangan kendaraan untuk mobilisasi di perkotaan yang efisien, dalam hal energi dengan roda empat konvensional.

Baca Juga: Shell V-Power 95 Imbangi Tuntutan Mesin Toyota Raize

Tim pelajar dapat merancang mobil Prototype atau Urban Concept, dan memilih tiga kategori energi, yakni mesin pembakaran dalam (internal combustion engine), baterai listrik, dan sel bahan bakar hidrogen.

Acara Shell Eco-marathon Indonesia 2022 juga akan menampilkan sesi dialog mengenai mobilitas masa depan, lokakarya mengenai program investasi sosial “Shell NXplorers”, kompetisi “Think Efficiency”, serta diskusi Shell Indonesia Women’s Network.

Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian mengatakan, acara ini bertujuan untuk mendorong batas-batas teknologi, dan memberikan kesempatan bagi para pelajar, untuk mengimplementasikan teori efisiensi energi mereka ke dalam pengalaman langsung di lintasan.