POPULAR STORIES

Harumkan Nama Indonesia, Mahasiswa Universitas Brawijaya Menjuarai Spirit Of Shell Eco-marathon

Harumkan Nama Indonesia, Mahasiswa Universitas Brawijaya Menjuarai Spirit of Shell Eco-marathon Tim Apatte62 Universitas Brawijaya, Malang

KabarOto.com - Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang yang tergabung dalam Tim Apatte62, mengharumkan nama Indonesia. Mereka menjuarai kompetisi Spirit of Shell Eco-marathon Virtual Off-Track Award 2020 untuk wilayah Asia. Mereka mengalahkan saingan dari Brunei, Tiongkok, Mesir, India, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Karena pandemik Covid-19, kompetisi yang berlangsung dari bulan Agustus hingga September ini dibuat berbeda, dilakukan secara virtual. Para peserta dari Asia, Amerika, dan Eropa menunjukkan video karya mereka dihadapan dewan juri secara virtual.

Baca Juga: SPBU Shell Terapkan Pembayaran Contactless

Mahasiswa Brawijaya juga pernah ikut serta dalam kompetisi Shell Eco Marathon

Video karya tim Apatte62 terdiri dari 11 mahasiswa dan dosen ini menceritaka perjalanan mereka dalam mengembangkan robot desinfeksi berteknologi sinar UV. Robot tersebut digunakan untuk mensterilisasi ruangan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Robot dibekali roda layaknya sebuah kendaraan kecil. Ada beberapa selang yang bisa menyemprotkan disinfektan

Apa yang mereka buat dinilai sukses dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan. Selain itu, menawarkan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan pandemik yang mewabah seluruh Negara.

Spirit of Shell Ecomarathon adalah penghargaan yang diberikan oleh Royal Dutch Shell khusus kepada tim-tim mahasiswa. Mereka sudah menunjukkan ketekunan, kepedulian, empati dan inovasi selama masa pandemik ini. Para mahasiswa memiliki karya yang tidak hanya untuk kepentingan pribadi, tapi juga berkontribusi terhadap lingkungan.

Rhea Sianipar, VP External Relations, Shell Indonesia, mengatakan, kemenangan Tim Apatte62 adalah bukti, generasi muda Indonesia tak pernah berhenti berkarya dan memiliki berprestasi luar biasa.

Baca Juga: Hari Pelanggan Nasional, Shell Indonesia Bagi-bagi Masker Dan Layani Disinfeksi Kabin

Kreativitas tim Apatte62 dinilai dewan juri sudah menunjukkan kolaborasi yang kompak, dapat menghasilkan sebuah karya yang luar biasa.