POPULAR STORIES

Siap-siap, Korlantas Akan Gelar Operasi Patuh Mulai 10 Juli 2023

Siap-siap, Korlantas Akan Gelar Operasi Patuh Mulai 10 Juli 2023 Petugas Kepolisian menggelar operasi (Foto: NTMC Polri)

KabarOto.com - Korlantas Polri 10 hingga 23 Juli 2023 akan menggelar Operasi Patuh. Sebelum diselenggarakan, digelar Latihan pra Operasi Patuh 2023 di gedung NTMC Polri, Jakarta. Mengangkat tema patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa, latihan ini melibatkan perwakilan personel Induk PJR jajaran Korlantas Polri.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Eddy Djunaedi selaku perwakilan Kakorlantas Polri mengatakan, petugas kepolisian akan lebih memahami cara menindak pelanggar saat melaksanakan operasi.

Baca Juga : Sering Gagal Tes, Polisi Berikan Bimbel SIM Bagi Masyarakat

"Latpraops salah satu fungsinya untuk mengetahui bagaimana cara bertindak antara Korlantas dan jajaran serta Operasi Patuh ini berguna bagi kita dan masyarakat. Operasi Patuh akan digelar pada tanggal 10 hingga 23 Juli mendatang,” katanya.

Selain itu, Kakorlantas sering menekankan ada perubahan sebelum melaksanakan operasi, walaupun masih ada masyarakat atau pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

“Golnya menciptakan Kamseltibcarlantas lebih patuh dan tertib. Sebelum operasi Mantap Brata, terlebih dahulu kita melaksanakan Operasi Patuh ini. Terkait dengan larangan, petugas tidak perlu takut penegakkan hukum selama mengikuti aturan dan SOP yang ada dan tidak ada melakukan penindakan sendiri,” jelasnya.

NTMC Polri

Kepatuhan dan ketertiban berkendara tidak hanya ditindak dengan penegakkan hukum. Petugas juga bisa melakukan teguran dan imbauan yang humanis.

“Kedua, sekecil apapun hindari kegiatan kontraproduktif. Ingat simpatik dan humanis, senyum dan salam meskipun ada penegakkan hukum, "tambah Eddy. Tema yang diangkat bukan hanya untuk maayarakat tapi juga untuk petugas. Saya percaya dengan operasi yang sudah ada seluruhnya berjalan dengan optimal, harapannya mendapat apresiasi dan pengungkit indeks kepercayaan masyarakat.

Baca Juga : Cara Komunitas Motor Mitra Polisi Gelar Safety Riding Training

Hadirnya operasi ini diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan pengendara di jalan, sehingga kecelakaan dan pelanggaran bisa semakin ditekan.

“Apabila masyarakat baik dan tertib di jalan maka akan baik dan tertib di sendi sendi lain. Pimpinan tidak menghendaki pungli,"tambah dia. Aturan yang sudah dibuat oleh Ditgakkum patuhi dan pedomani, jangan jadi korban operasi. Tunjuan Korlantas, menjadi ikon Polisi di jajaran. Munculkan penegakkan hukum yang humanis. Jaga nama baik Korlantas.

"Mudah-mudahan dengan Latpraops ini pelaksanaan Operasi Patuh berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya.