POPULAR STORIES

Puncak Arus Balik Gelombang Kedua Masih Akan Terjadi

Puncak Arus Balik Gelombang Kedua Masih Akan Terjadi Situasi arus mudik Lebaran 2023 (Foto : Jasa Marga)

KabarOto.com - Puncak arus balik Lebaran 2023 gelombang kedua masih akan terjadi, diprediksi pada 30 April-1 Mei 2023. Untuk memastikan penanganan berjalan lancar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Firman Santyabudi melakukan rapat koordinasi dan peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama Km 70.

Pemantauan dari udara menggunakan helikopter, untuk melihat langsung situasi pergerakan kendaraan pada arus balik di jalan tol maupun jalan arteri juga dilakukan.

Baca Juga : Jangan Sampai Kurang Saldo E-Toll, Ini Tarif Tol Mulai Dari Tangerang Hingga Surabaya

“Kita masih ada beberapa hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin,” ujar Menhub.

Foto : Jasa Marga

Selain Lebaran Kupat, Menhub mengungkapkan, adanya pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini. Hal tersebut akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan.

Untuk itu, Menhub mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai 27 April-29 April 2023, untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik.

Baca Juga : Urai Kemacetan Saat Arus Balik, Polri Perpanjang Sistem Satu Arah Di Tol Trans Jawa

"Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20%. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin,” tutur Menhub.

Menhub berharap, penanganan arus balik bisa sebaik apa yang dilakukan pada arus mudik. “Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga tanggal 1 Mei nanti, Insya Allah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud,” ucap Menhub.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Dirut Jasa Marga Subakti Syukur, Dirut Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Hubdat Cucu Mulyana, serta Kepala BPTD Wilayah IX Jabar Muhammad Fahmi.