POPULAR STORIES

Urai Kemacetan Saat Arus Balik, Polri Perpanjang Sistem Satu Arah Di Tol Trans Jawa

Urai Kemacetan Saat Arus Balik, Polri Perpanjang Sistem Satu Arah di Tol Trans Jawa Satuu arah diberlakukann mulai dari gerbang tol Kalikangkung (Foto: Antara)

KabarOto.com - Masyarakat yang melakukan perjalanan mudik sudah mulai kembali ke Jakarta. Membuat arus balik di tol Trans Jawa terus meningkat. Bahkan Korlantas Polri harus merekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah atau one way, diperpanjang sampai Kamis (24/04/2023).

Hal tersebut berdasarkan keterangan yang diberikan NTMC Polri melalui akun Instagram @ntmc_polri. Rekayasa lalu lintas ini dimulai dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai Km 72 GT Cikampek Utama.

Baca Juga: Pulang Mudik, Jangan Lewatkan Pengecekan Kendaraan

"Berdasarkan adanya pemberlakuan diskon tarif Tol Semarang-Jakarta sebesar 20 persen, volume kendaraan meningkat," demikian tertulis dalam akun Instagram tersebut.

Satu arah di tol Trans Jawaa Semarang menuju Jakarta (Foto Ilustrasi: Antara)

Pelaksanaan sistem satu arah ini sifatnya situasional. Jika pada periode perpanjangan itu kondisi lalu lintas terpantau menurun selama tiga jam berturut-turut, rekayasa tersebut akan dihentikan atau disesuaikan pelaksanaannya.

Sementara, jika pukul 21.00 WIB masih terjadi peningkatan volume kendaraan yang signifikan ke arah Jakarta, kemudian akan dilakukan penyesuaian lagi untuk jadwal berakhirnya one way.

Baca Juga: Pulang Mudik Periksa Kaki-Kaki Mobil Agar Tetap Aman

Polri pun mengimbau, pengendara yang akan melewati Jalan Tol Trans-Jawa mengecek Google Maps, karena aplikasi tersebut telah mengikuti diskresi kepolisian.Sisa saldo e-toll juga menjadi perhatian dari pengendara, jangan sampai saat mengetap di pintu tol, saldo tidak mencukupi, sehingga menimbulkan kemacetan.