POPULAR STORIES

Simak Tips Mudik Pakai Sedan Ala Komunitas CVT Jateng DIY

Simak Tips Mudik Pakai Sedan Ala Komunitas CVT Jateng DIY Foto: CVT Jateng DIY

KabarOto.com - Momen mudik lebaran merupakan momen yang indah dimana kita hendak bertemu keluarga. Terlebih lagi, sekarang sudah ada Tol Trans Jawa yang membuat perjalanan akan lebih cepat.

Nah, untuk Sobat Kabaroto yang mudik dengan menggunakan mobil sedan, komunitas Civic Turbonesia (CVT) Jateng DIY punya beberapa tips mudik menggunakan tipe tersebut.

  • Cek kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan (cek tekanan angin pada ban, cek aki, cek air radiator)
  • Pastikan bahan bakar sebaiknya dalam kondisi penuh untuk antisipasi macet di tol. "Usahakan rajin mengisi apalagi ketika bahan bakar tinggal setengah. enggak asik kan sedang asik menikmati tol tetapi jarum indikator bahan bakar sudah menipis dan SPBU masih jauh," kata Rizal Yosianto, Wakil Ketua Honda Civic Turbonesia chapter Jateng DIY.
  • Apabila Sobat KabarOto menggunakan tol, pastikan saldo E-Toll anda mencukupi dan selalu patuhi batas kecepatan maksimal.

Baca Juga: Komunitas CVT Jateng DIY Gelar Baksos & Bukber

Jika 3 tips tadi dirasa sudah umum, selanjutnya kita akan bahas khusus untuk mobil sedan, dikarenakan mobil sedan ground clearance-nya sangat rendah maka ada beberapa hal yang perlu diperhatkan :

  • Apabila melewati jalan kota alias non-tol, hati-hati apabila ada lipatan aspal maupun jalan beton yang pecah. "Jadi apabila melangkahi lipatan aspal ditakutkan bisa menyebabkan pelindung oli pecah karena tergores lipatan aspal tersebut, sedangkan jalan beton yang pecah bisa membuat ban pecah bahkan pelek juga bisa retak dan arm mobil anda bengkok," lanjutnya.
  • Mudik identik dengan membawa buah tangan atau oleh-oleh. Nah, ini juga harus diperhatikan, karena bagasi sedan umumnya tidak terlalu luas, apalagi jika sudah ditambah dengan variasi audio. "Untuk barang bawaan yang dibawa dihimbau jangan terlalu berlebihan karena akan membuat mobil menjadi lebih berat dan kurang stabil, bahkan dikhawatirkan mobil akan terangkat saat tarikan gas spontan dan itu sangat membahayakan, guys," kata Rizal
  • Yang terakhir, ia bilang jangan lupa untuk selalu berkendara dengan aman selama perjalanan. Ikuti selalu rambu-rambu lalu lintas dan saling menghormati dengan sesama pengguna jalan.

Nah, sudah siap untuk mudik? hati-hati dijalan ya sobat KabarOto.