POPULAR STORIES

Simpel, Begini Cara Agar Kick Starter Motor Matik Awet

Simpel, Begini Cara Agar Kick Starter Motor Matik Awet tips cara rawat starter motor matik (Kipli/ DAM)

KabarOto.com - Sepeda motor matik pada umumnya dilengkapi 2 macam perangkat starter untuk menyalakan mesin. Ada yang hanya memiliki satu sistem start yakni electric saja ada juga yang menggunakan dua jenis starter yaitu electric dan kick starter.

Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Merawat kick starter menjadi suatu keharusan, tentunya untuk membuat perangkat ini selalu dalam kondisi prima terutama saat akan digunakan. Perawatannya pun cukup mudah, bahkan sama dengan komponen lainnya kick starter harus selalu dijaga kebersihannya.”

Baca Juga: 5 Masalah Yang Kerap Intai Starter Motor

Bagi pemilik sepeda motor matik yang memiliki fitur kick starter harus sering digunakan, misalnya ketika akan menyalakan sepeda motor di pagi hari. Cukup dengan menggunakan standar tengah lalu, sesekali menyalakan sepeda motor.

“Terutama saat mencuci atau sering terkena lumpur dan air hujan. Bagian ini tentunya harus selalu bersih dan bebas kotoran,” ujar Ade

Supaya bagian kick starter selalu ada pergerakan dan di bagian dalam komponen perangkat tersebut selalu bekerja dengan baik. Kemudian, ketika melakukan service rutin terutama di bagian komponen CVT.

Baca Juga: Kecil Namun Penting, Begini Cara Rawat Electric Starter Sepeda Motor

Maka di bagian dalam perangkat kick starter jangan lupa untuk dibersihkan dan dicek oleh mekanik apakah ada kendala atau tidak ketika digunakan.

Bisa cek, ketika dihidupkan. Jika terkendala seperti seret, keras ketika diinjak atau sebaliknya seperti loss dan tidak bisa kembali maka terdapat masalah di beberapa komponen di dalamnya.

Jika terdapat masalah, maka segera kunjungi bengkel resmi atau rekomendasi terdekat untuk melakukan servis dan perbaikan, bisa jadi ada masalah seperti spindle dan driven gear-nya pun bermasalah.