POPULAR STORIES

5 Masalah Yang Kerap Intai Starter Motor

5 Masalah yang Kerap Intai Starter Motor Kipli/ Thamrin Brothers

KabarOto.com - Sistem starter sepeda motor berfungsi untuk memutar poros engkol, agar mesin siap untuk melakukan pembakaran, sesuai dengan prinsip 2 langkah atau 4 langkah.

Jika sistem starter bermasalah, akan membuat sepeda motor sulit dinyalakan atau bahkan tidak bisa dinyalakan. Mengingat fungsi sistem starter yang penting tersebut, pengendara perlu memperhatikan beberapa poin perawatan dari PT Thamrin Brothers.

1. Cek bagian starter

Langkah pertama, bisa periksa rangkaian starter mulai dari socket-socket atau pada tombol starter yang kotor, dikarenakan saat ini memasuki musim hujan dan memungkinkan terdapat benda-benda asing yang dapat masuk pada komponen tersebut.

Cek jika terdapat kabel yang putus, bukan hal yang tidak mungkin kabel starter bisa putus karena gigitan tikus atau terdapat korslet di bagian tersebut.

2. Cek saklar starter pada tuas pengereman

cara menghidupkan motor seperti matik kekinian umum dengan cara menekan tombol starter berbarengan dengan menarik tuas rem. Hal ini disebabkan adanya switch atau saklar pada tuas rem.

Baca juga: Pengguna Motor Matik, Jangan Lupa 5 Tips Ini

Apabila mesin tidak mau menyala saat menggunakan electric starter, cobalah untuk mengecek kondisi switch tersebut. Apabila switch kotor bisa dibersihkan dengan cairan pembersih atau semprot khusus komponen electric.

3. Cek aki atau baterai

Aki atau baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem electric starter.

Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam tidak mau berputar, kemungkinan terdapat masalah pada baterai.

Kemudian ada ciri lain jika baterai sudah mulai lemah yaitu proses starting motor yang berlangsung lama, sampai mesin tersebut nyala.

4.Kebiasaan saat starter

Jika kondisi motor sulit dinyalakan, jangan terus-menerus menekan tombol starter karena akan menguras daya baterai.

Baca juga: Starter Elektrik Tak Berfungsi, Jangan Langsung Vonis Aki!

Semakin lama durasi menekan tombol starter maka semakin banyak energi yang terkuras dari baterai yang mengakibatkan kerja baterai semakin berat.

5. Servis motor dengan rutin

Selain hal-hal penjelasan di atas, Anda dapat melakukan servis secara rutin dengan cara langsung datang ke bengkel.