POPULAR STORIES

Pengguna Motor Matik, Jangan Lupa 5 Tips Ini

Pengguna Motor Matik, Jangan Lupa 5 Tips Ini Kipli

KabarOto.com - Sepeda motor khususnya transmisi matik (CVT) dirancang untuk memudahkan pengguna tanpa harus repot memindahkan gigi.

Begini cara perawatan yang disarankan dari Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah & Yogyakarta).

1. Periksa V belt pada CVT

V belt merupakan bagian dari CVT yang berguna untuk meneruskan tenaga mesin ke roda belakang. V-belt yang kurang terawat atau sudah termakan usia bisa menyebabkan putus dan membahayakan keselamatan pengendara.

2. Periksa bagian roller pada CVT

roller merupakan bagian dari CVT yang berfungsi sebagai pemberi tekanan keluar pada rumah roller. Hal ini bisa memberikan perubahan pada mekanisme V belt sehingga roda bisa bergerak. Pada motor matik, roller berfungsi untuk membantu mengatur putaran mesin dari rendah ke tinggi.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Bisa Dicoba Masyarakat Indonesia, Begini Caranya

3. Rawat kampas kopling

Kampas kopling berguna menyalurkan tenaga mesin menuju roda belakang. Jika kampas kopling ini mulai aus, maka tenaga yang tersalurkan kurang optimal.

4. Ganti oli transmisi secara rutin

Oli transmisi berguna untuk melumasi celah-celah sempit pada gear CVT yang membuatnya mampu menahan temperatur tinggi pada daya pelumasan. Maka, agar kinerja CVT bisa optimal, Anda harus rutin mengganti oli transmisi.

Baca Juga: Tips Daya Adicipta Motora (DAM) Untuk Keselamatan Pengendara Di Jalan Raya

5. Lakukan servis berkala & gunakan spare part orisinal

Untuk performa transmisi otomatis, lakukan pengecekan secara berkala di bengkel resmi. Pengecekan part dan pembersihan area CVT untuk mengurangi tingkat gesekan yang disebabkan oleh debu kotoran.