Sinar Projektor Lampu Mulai Kurang Terang? Ini Penyebabnya

Sinar Projektor Lampu Mulai Kurang Terang? Ini Penyebabnya Foto : Rizky

KabarOto.com – Beberapa pabrikan mobil masih memakai lampu model projektor berteknologi High-Intensity Discharge (HID), terutama yang sudah berumur biasanya sinarnya mulai kurang terang.

Selain ballast, kabel dan bohlam ada faktor lain yang menjadi penyebab lampu kurang terang. Penyebab utama biasanya berasal dari bowl (mangkok) projektor yang sudah menghitam.

Baca Juga : Lampu Projektor Mobil Kurang Fokus? Bisa Reparasi Di Sini, Sob!

“Jadi beberapa pabrikan masih menggunakan projektor halogen dan HID, jika di dalam projektor itu ada bowl atau mangkok ini ada reflektornya, bentuknya itu seperti kaca. Nah kacanya ini jika terkena panas bohlam halogen atau HID itu lama-lama bisa buram atau menghitam,” ungkap Rico selaku pemilik Shine Auto.

Prinsip kerja bowl mirip dengan reflektor pada lampu mobil atau motor. Mangkok projektor menghitam bisa disebabkan karena umur atau panas yang berlebih dari bohlam.

Projector OEM H11

“Jika sudah buram, otomatis mangkok ini kemampuan memantulkan sinar ke depan sudah berkurang,” lanjut Rico.

Biasanya, pabrikan mobil produksi tahun 1990 akhir hingga 2000-an yang masih menggunakan teknologi projektor HID ini, sudah kurang terang. Namun, untuk ketahan berapa lama dari mangkok itu bisa berbeda-beda.

“Karena sudah berumur biasanya sudah mulai gelap, mangkoknya memang tidak bisa rusak tetapi hanya menurun kualiatasnya, jadi hasil pencahayannya tidak maksimal. Dan umur dari projektor itu berbeda-beda tergantung kualitasnya,” tutup Rico.

Lalu bagaimana caranya supaya lampu tersebut bisa kembali terang? Jadi Sobat perlu mengganti peranti projector atau perangkat bohlam HID-nya saja jika kualitas mangkok projector masih baik.