POPULAR STORIES

Sirkuit COTA Sudah Diperbaiki, Siap Dipakai MotoGP Amerika 2022

Sirkuit COTA Sudah Diperbaiki, Siap Dipakai MotoGP Amerika 2022 Sumber Foto : Pihak penyelenggara COTA

KabarOto.com – Setelah mendapatkan banyak keluhan dari pembalap MotoGP musim lalu usai GP Amerika, kini Circuit of the Americas (COTA) sudah diperbaiki.

Sebelumnya, akibat pandemik Covid-19 membuat penyelenggara MotoGP membatalkan semua putaran non-Eropa sepanjang musim 2020. Usai 14 bulan absen sebagai tuan rumah, COTA menyambut MotoGP 2021 pada 3 Oktober 2021. Namun, para pembalap kelas utama itu memiliki banyak keluhan dengan kondisi aspal trek.

Baca Juga : Usai Gagal Di MotoGP Qatar, Ini Penjelasan Pihak Ducati

Proses aspal ulang di COTA

Usai mendapatkan banyak keluhan, pihak Dorna Sports memberikan persetujuan untuk melakukan aspal ulang bagian tikungan 2, 10, 12, dan 16. Jika pihak penyelenggara COTA tidak melakukan hal tersebut, pihak Dorna tidak akan menyelenggarakan balapan di sirkuit yang berlokasi di Austin, Texas itu. Melihat hal tersebut, pihak penyelenggara sudah melakukan aspal ulang pada Januari 2022.

“Pekerjaan repaving skala besar telah berlangsung di Circuit of the Americas dalam beberapa pekan terakhir (Januari). Pejabat COTA bekerja sama dengan konsultan untuk memeriksa aspal dan mengidentifikasi bagian-bagian trek yang perlu diperbarui. Sistem georadar dan laser, serta perangkat lunak yang digunakan untuk memetakan rute dan menentukan perbaikan yang diperlukan,” ungkap pihak penyelenggara COTA.

Baca Juga : Klasemen Sementara MotoGP 2022 Usai GP Qatar

Franco Uncini jajal Honda CBR1000 untuk tes COTA

Usai diperbaiki, artinya GP Americas siap untuk menggelar balapan pada 10 April 2022. Petugas keselamatan FIM dan mantan juara GP 500 cc, Franco Uncini melakukan perjalanan ke Texas untuk mengkonfirmasi hasilnya. Uncini tidak hanya memeriksa trek dengan berjalan kaki tetapi juga mengemudikan Honda CBR1000 untuk menjajal sirkuit sepanjang 3,7 km itu.

“Betapa indahnya mengendarai motor di Sirkuit GP di Austin. Saya memeriksa rute dengan motor dan hasilnya sangat positif dan siap untuk MotoGP Americas,” ungkap Uncini.

Usai melakukan tes dan pelapisan ulang aspal yang memuaskan dan lengkap. Komisi keselamatan akan mengkonfirmasi bahwa seri ini akan kembali digelar pada 10 April mendatang.