POPULAR STORIES

Sistem Audio Yamaha Pada Mitsubishi XForce, Sajikan Kualitas Musik Layaknya Panggung Konser

Sistem Audio Yamaha pada Mitsubishi XForce, Sajikan Kualitas Musik Layaknya Panggung Konser Sistem Audio Yamaha terletak di pilar A (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Mitsubishi XForce mengandalkan merek audio Yamaha untuk melengkapi sistem tata suara di dalam kabin. Di mana, kolaborasi ini menghadirkan tata suara audio ala konser musik.

Dalam hal ini Mitsubishi Motor Corporation menggandeng Yamaha Audio Professional, melalui banyak pertimbangan.

Executive Vice President MMC, Hiroshi Nagaoka menjelaskan untuk pemilihan merek Yamaha untuk melengkapi sistem audio Mitsubishi XForce, melewati proses penelitian panjang. Yamaha sendiri dikenal memiliki keahlian dalam teknologi dan bidang musik, termasuk produksi alat instrumennya.

Baca Juga: Mitsubishi XForce Dibanderol Rp 379 Jutaan, Ditargetkan Terjual 10.000 Unit

Mitsubishi XForce debut di GIIAS 2023

"Yamaha memiliki kapabilitas dan teknologi yang baik. Mereka memiliki perangkat home audio premium," ungkap Hiroshi Nagaoka.

Mitsubishi XForce sendiri dibekali speaker merek Yamaha dengan menggendong teknologi Dynamic Sound Yamaha Premium, teknologi tersebut memperkuat keahlian Yamaha untuk memaksimalkan keluaran suara dari speaker-nya untuk menghadirkan kualitas suara yang lebih maksimal.

"Yamaha mempertimbangkan keinginan penyanyi, untuk bisa didengarkan melalui instrumen musik yang mereka mainkan. Jadi Yamaha paham dan mengerti musik dengan baik," jelas Hiroshi Nagaoka.

Sistem audio Yamaha yang ada di kabin Mitsubihsi XForce mengandalkan 8 unit speaker yang terdiri dari masing-masing model 2 way (biasanya terdiri dari speaker jenis tweeter dan mid bass), terpasang di beberapa area, seperti pilar A, door trim pintu depan dan belakang.

Untuk speaker depan menganut sistem 2 way terpisah, dengan penempatan tweeter untuk menghasilkan suara tinggi dan menengah (vocal) pada pilar kaca depan dan mid bass yang menghasilkan nada menengah dalam sebuah sistem audio, umumnya berukuran 6,5 inci tersemat pada door trim pintu depan.

Sementara untuk speaker belakang, mengadopsi sistem 2 way speaker model coaxial (jenis speaker tweeter dan mid bass terpasang dalam satu frame), dengan penempatan tweeter dan mid bass menjadi satu bagian pada door trim pintu belakang.

Baca Juga: Mitsubishi Minicab MiEV Bakal Diproduksi Di Bekasi Tahun Depan

Ada 8 speaker mendukung audio Yamaha

Untuk memaksimalkan kualitas speaker-nya, pada head unit tersedia pilihan mode suara, yakni Lively, Signature, Powerful, dan Relaxing. Di mana, pengemudi dan penumpang dapat menyesuaikan dengan kondisi perjalanan serta selera.

Kemudian, head unit berkemampuan multimedia dan berteknologi touch screen tersebut dilengkapi fitur Speed Compensated Volume (SCV), yaitu kemampuan menyesuaikan besaran volume sesuai dengan kecepatan mobil. Namun fitur ini juga bisa di non-aktifkan apabila dirasa mengganggu.

Penambahan sistem speaker tadi, bertujuan untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan untuk pengemudi dan penumpang, khususnya saat perjalanan jarak jauh atau menembus kemacetan lalu lintas kota.