Sistem OCS Bermasalah, Toyota Recall 58.180 Unit Mobilnya

Acrul Affandy
Acrul Affandy 15 Apr 2016 - 12:28
Sistem OCS Bermasalah, Toyota Recall 58.180 Unit Mobilnya
Toyota recall 41,630 unit Toyota Camry 2016 dan 16,880 unit Toyota Avalon yang terkena dampak masalah sistem OCS. (Foto: Autoblog.com)

Toyota akan melakukan recall besar besaran pada 2 unit mobilnya yakni Toyota Camry 2016 dan Toyota Avalon karena bermasalah pada sistem teknologi OCS (Occupant Classification System).

Recall tersebut dilakukan karena, sistem kalibrasi pada OCS tidak bekerja dengan baik atau rusak, sehingga ketika terjadi kecelakaan airbag tidak dapat berkembang atau tak bekerja. Ini sangat berbahaya bagi pengendara maupun penumpang dalam mobil. Mengenai masalah tersebut, Toyota masih belum mengetahui pasti apakah ada kecelakaan ataupun korban jiwa akibat sistem kalibrasi yang rusak mengutip laman Autoblog.

"Ada banyak sumber yang berbeda informasi dengan berbagai tingkat akurasi, sehingga sulit untuk mengetahui keberadaan atau persis jumlah berapa kecelakaan maupun korban akibat masalah ini. Kami tidak menyediakan spesifik pada saat ini." ujar Juru bicara Toyota, Cindy Knight.

Total ada 58.180 unit meliputi 41,630 unit Toyota Camry 2016 dan 16,880 unit Toyota Avalon yang terkena dampak masalah. Toyota pun bergerak cepat dengan memberikan pemberitahuan kepada seluruh pemilik Toyota Camry 2016 dan Toyota Avalon di Amerika, dan segera melakukan kalibrasi ulang pada sistem OCP yang terpasang di kendaraan. Dealer akan mengkalibrasi ulang tanpa dipungut biaya.

Baca Juga: